Tak Ciut Nyali, Nelayan Puger Nekat Melaut Meski Gempa Baru Terjadi

Jember, Nusantaraterkini.com- Musibah gempa berkekuatan 6,7 skala richter pada siang tadi pukul 14.15 Wib, yang mengguncang wilayah Kabupaten Malang dan sejumlah wilayah di Jawa Timur hingga getaranya sampai ke pulau Bali, ternyata tidak menciutkan nyali nelayan Puger Kabupaten Jember untuk tetap melaut mencari ikan. Sabtu, (10/04/21). 

Meski gempa baru saja mengguncang dengan dahsyat, beberapa perahu nelayan terlihat nekat memasuki jalur Plawangan pantai Pancer untuk berangkat melaut, bahkan tidak ada kekhawatiran sama sekali.

“Seperti biasa tetap melaut, keadaan normal, yang berangkat banyak.Ini mulai berangkat suara mesin sudah terdengar, ” kata Ahmad alias Cak Mat warga setempat.

Bagi nelayan Puger, terang Cak Mat, musibah gempa tidak perlu ditakuti secara berlebihan.Nelayan menganggap hal itu merupakan kejadian alam yang biasa saja.

“Dulu saja sewaktu Tsunami, nelayan Puger tetap berangkat seperti tidak terjadi apa-apa, cuma yang di darat yang bingung, ” ujarnya.

Sikap nelayan Puger nekat melaut bukan berarti mereka tidak mengetahui bahaya dan resiko.Namun karena selain sudah menjadi profesi juga terdesak dengan kebutuhan, apalagi saat ini menjelang puasa dan lebaran.

“Gempa bagi nelayan gak ada pengaruh aa-apa, ” pungkas Cak Mat.

Sementara Kasat Polair Polres Jember Iptu M Na’i menyampaikan, saat ini ketinggian gelombang mencapai 2 hingga 4 meter.Kondisi seperti ini diperkirakan bertahan sampai 3 hari kedepan.

Pihaknya menghimbau kepada nelayan khususnya nelayan Puger, agar selalu update informasi dari petugas apabila cuaca kurang menguntungkan, diharapkan sementara tidak melaut karena cuaca belum stabil.

Jika tetap terpaksa melaut diharapkan waspada gunakan alat pengaman terutama pelampung. “Jika terjadi sesuatu di tengah laut segera hubungi kami, sehingga kami dengan cepat bisa melakukan pertolongan, “kata Na’i. (Tahrir).

Rekomendasi

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.