Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Syafaruddin Harahap Belum Dieksekusi, Kasi Pidum: Tunggu Salinan Putusan Resmi MA

Loading...

Padang Lawas Utara – Anggota DPRD Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Syafaruddin Harahap gelar Baginda Panusunan yang telah divonis 2 tahun penjara terkait kasus tindak pidana penggelapan hingga kini belum dieksekusi. Hal tersebut mengundang pertanyaan sejumlah pihak di Paluta.

Kepala Kejaksaan Negeri Paluta Andri Kurniawan SH MH melalui Kasi Pidana Umum Okto Silaen SH ketika dikonfirmasi mengatakan akan segera mengeksekusi sesuai dengan relas pemberitahuan.

“Hingga saat ini kita (Kejari Paluta) belum menerima Salinan Putusan resmi dari Mahkamah Agung,” ujarnya saat dijumpai beberapa awak media di ruang kerjanya.

Ketika ditanyai lebih lanjut apakah ada kendala terkait eksekusi tersebut, Okto Silaen enggan berkomentar. “Apabila putusan salinan resmi dari Mahkamah Agung kita terima langsung kita eksekusi,” pungkasnya.

Sebelumnya, anggota DPRD Paluta, Syafaruddin Harahap (57) secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penggelapan dengan pidana penjara 2 tahun. Hal tersebut sesuai dengan relaas pemberitahuan putusan Kasasi nomor: 539/Pid. B/2018/PN.Psp.

Relaas ini berisi putusan Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia tanggal 9 Oktober dengan nomor: 933 K/Pid/2019 yang berbunyi mengabulkan permohonan kasasi dari pemohon kasasi/penuntut umum pada Kejari Paluta. Membatalkan putusan Pengadilan Tinggi Medan nomor: 338/Pld/2019/PT.MDN tanggal 15 Mei 2019 yang membatalkan putusan Pengadilan Negeri Padang Sidimpuan nomor: 539/Pid.B/2018/PN PSP tanggal 6 Maret 2019.

Kemudian mengadili sendiri, menyatakan terdakwa Syafaruddin Harahap gelar Baginda Panusunan telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penggelapan, seterusnya menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 2 tahun. (AYH)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.