Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Suimi Fales: Patut Diapresiasi, Namun Jika Bersalah Gusril Bisa Didiskualifikasi

Loading...

Bengkulu,- Wakil ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Suimi Fales. Memberikan tanggapan terkait persoalan Mutasi Pejabat Kadis Pora Kabupaten kaur beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Rakyat Merdeka Online Bengkulu, Politis PKB ini mengatakan jika memang Bupati Gusril yang memberhentikan pejabat eslon II tersebut terbukti slah, aturan dan sanksi perlu ditegakan seadil-adilnya.

“Kalau tidak sesuai aturan dan hanya sebatas kepentingan politik kasih sanksi yang tegas dan aturan harus tegak lurus, namun jika telah sesuai aturan maka Bupati ini perlu kita beri apresiasi, karena telah menegakan aturan,” Kata Suimi.

Menurutnya melakukan penggantian pejabat enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan haruslah mendapat persetujuan tertulis dari menteri.

Peraturan tentang pencopotan pejabat menjelang pilkada telah tertuang dalam UU Pilkada Pasal 71 Ayat 2. Pasal 71 menyebutkan, para gubernur, wakil gubernur, bupati, dan wakil bupati maupun wali kota dilarang melakukan penggantian pejabat enam bulan sebelum masa penetapan pasangan calon sampai akhir masa jabatan.

“Di peraturan tersebut tertuli jelas jika memang bersalah, maka kepala daerah itu dapat diskualifikasi sebagai calon oleh KPU, dan ancaman pidana serta denda sesuai UU Pasal 71 Ayat 5,”Jelas Suimi.

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.