Strategi RSUD Kota Tangerang Mewujudkan Layanan Prima  Di Era New Normal

KOTA TANGERANG, NUSANTARA TERKINI. Com – Strategi pelayanan di RSUD Kota Tangerang dalam rangka meningkatkan pelayanan Kesehatan di masa New Normal  ini meluncurkan berbagai program layanan unggulan, yang berbasis teknologi informasi  dengan tujuan untuk mengurangi penumpukan pasien, baik pelayanan Rawat jalan, IGD dan Rawat inap. 

 

Salah satunya layanan pendaftaran pasien dengan menggunakan aplikasi “RSUDKITA”, APM ( Antrian Pendaftaran Mandiri) serta inovasi terbaru yang diluncurkan adalah aplikasi “OKEDOK” yaitu layanan konsultasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat bila ingin melakukan konsultasi masalah kesehatan melalui handphone Android, konsultasi kesehatan tersebut akan dijawab oleh dokter umum, dokter spesialis, sesuai yang dipilih oleh pasien/klien. Sehingga masyarakat yang akan datang ke rumah sakit, adalah masyarakat yang betul-betul disarankan oleh dokter, apakah perlu dilakukan pengobatan lebih lanjut atau tidak.

 

Program inovasi tersebut baik, “RSUDKITA” ataupun aplikasi “OKEDOK” yang berbasis Android, sengaja digagas untuk mempermudah layanan kepada  masyarakat pada saat pasien/ klien yang  akan melakukan pendaftaran ataupun ingin  berkonsultasi terlebih dahulu  secara  langsung  melalui aplikasi tersebut dengan dokter yang dipilih , dokter-dokter yang berada di dalam aplikasi ini  adalah seluruh dokter yang berada di RSUD Kota Tangerang, baik layanan dokter umum, dan dokter spesialis.”Tutur Kepala Humas RSUD Kota Tangerang, senin (21/12/2020)

 

Sementara Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang dr. Hj. Henny Herlina, MKM menegaskan, “Layanan Aplikasi “RSUDKITA”  merupakan salah satu aplikasi  berbasis android  yang bertujuan  memaksimalkan pendaftaran online ini untuk pengaturan atrian di pendaftaran, sehingga  terpenuhinya penerapan physical distancing/jaga jarak serta mengurangi Interaksi langsung dengan  pasien/klien dengan pasien lainnya, serta untuk  meminimalisasi paparan satu dengan yang lainnya. 

 

Kedua aplikasi ini baik “OkeDOK” ataupun aplikasi”RSUDKita” bisa langsung dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan cara membuka aplikasi “Play Store” cari aplikasi “OkeDok” untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang dituju, atau silahkan cari aplikasi “RSUDKita” bila ingin melakukan pendaftaran, sehingga pasien/ klien tidak perlu lama-lama ikut antri di pendaftaran”  penuturan dari direktur RSUD Kota Tangerang.

 

Menurut Direktur RSUD Kota Tangerang, di Era New Normal  ini, untuk mewujudkan pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien  dengan melakukan berbagai protokol kesehatan, diantaranya pengunjung dimaksimalkan agar melakukan pendaftaran melalui online, semua pengunjung diwajibkan menggunakan masker, semua pengunjung wajib mencuci tangan dengan sabun, dan air mengalir sebelum masuk Rumah sakit, serta disediakannya Hands sanitizer di banyak titik di Rumah Sakit apabila diperlukan, dilakukan pengukuran suhu  tubuh (skrining) di setiap pintu masuk rumah Sakit.

 

Menerapkan Physical distancing/jaga jarak diharap tidak ada kerumunan pengunjung dengan mengatur jarak antrian dengan memberi penanda di lantai ataupun di setiap kursi. RSUD Kota Tangerang merupakan gedung bertingkat maka dilakukan pengaturan pembatasan jumlah  penggunaan Lift , setiap penumpang lift masing-masing berdiri saling membelakangi, penggunaan tangga karena terdapat satu jalur tangga,  untuk naik dan turun tangga usahakan agar tidak ada yang berpapasan ketika naik dan turun tangga. jelas nya. 

 

Berbagai pengembangan inovasi layanan kesehatan tersebut sengaja diciptakan untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat, sehingga seluruh lapisan masyarakat bisa terlayani, dengan mengikuti protokol yang ada, tegas dr. Hj. Henny Herlina, MKM. Senin (21/12/2020)

 

dr. Hj. Henny Herlina, MKM mengingatkan, Pihak Rumah sakit selalu mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup sehat (GERMAS) melalui pola hidup sehat dan perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) “Mari patuhi Protokol Kesehatan dalam keadaan apapun baik di lingkungan rumah sakit atau dimanapun berada, mari kita tuntaskan Covid-19 ini bersama-sama, saling bahu-membahu,”tukasnya. 

 

Periksakan diri anda ke fasilitas kesehatan terdekat bila mengalami keluhan demam diatas 38 derajat celcius,sakit tenggorokan, batuk dan diikuti sesak yang tidak sembuh-sembuh lewat dari 3 hari. ikuti protokol kesehatan sesuai anjuran  pemerintah:  Selalu mengenakan masker, Cuci tangan pakai sabun (CTPS), mendorong petugas dan pengunjung Rumah Sakit untuk mencuci tangan saat tiba di Rumah Sakit baik sebelum makan, setelah kontak dengan pelanggan/pertemuan dengan orang lain, setelah di kamar mandi, setelah memegang benda yang kemungkinan terkontaminasi.  

Direktur RSUD Kota Tangerang, dr. Hj. Henny Herlina, MKM

Serta menjaga jarak/Physical distancing dan social distancing, membudayakan etika batuk (tutup mulut dengan lengan atas  bagian dalam) dan jika menggunakan tisu  untuk menutup batuk  dan pilek,  buang tisu bekas ke tempat sampah yang tertutup  dan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelahnya, Olahraga dengan tetap  menjaga jarak aman, dan anjuran berjemur matahari , makan makanan dengan gizi seimbang, hindari penggunaan alat pribadi secara bersama-sama seperti alat sholat, alat makan dan lain-lain. 

Layanan Online Berbasis Android RSUD Kota Tangerang

Beliau menegaskan pula ,  bahwa seluruh tenaga medis  di RSUD Kota Tangerang terus berjuang  dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, untuk itu mari bekerja sama  ikuti protokol kesehatan, agar kita semua terhindar dan bebas dari Covid -19. “Sekali lagi saya mengajak Mari kita Satukan Tekad bersama Menuju Indonesia Sehat,” Tuturnya nya.(Adv)

 

 

Rekomendasi
Loading...

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.