SPKS Dan PT .Agro Andalan Bekali Petani Untuk Sertipikasi RSPO

Nusantaraterkini.com , Sekadau -Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) kabupaten Sekadau Kalimantan Barat  bersama PT.Agro Andalan menggelar  pelatihan selama satu hari bagi petani sawit mandiri dan pengurus koperasi kebun di Desa Engkersik pada Sabtu(20/11/2021).

Pelatihan bagi petani sebagaimana disampaikan oleh Ketua SPKS kabupaten Sekadau Bernadus Mohtar mengatakan  kegiatan ini untuk memberi pembekalan bagi petani agar dapat memenuhi berbagai kriteria dalam meraih  sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) .

“Lewat pelatihan dan pembekalan hari ini petani swadaya diharapkan dapat mengikuti proses serta memahami tekhnis merawat sawit dengan benar berbagai materi kita sampaikan  dalam upaya mendukung program sawit berkelanjutan “jelasnya.

Disisi lain , kata dia petani harus menjalim kemitraan bersama perusahaan tidak hanya sebatas jual beli TBS saja,  harus dilakukan secara berkelanjutan di sektor lain seperti perawatan jalan, saprodi (pupuk, dan racun rumput) tutupnya

Guna memenuhi kriteria sertipikasi RSPO dimaksud pemilihan benih yang tepat harus jadi prioritas  mengingat  hal ini menyangkut produksi lahan petani , Dinas Pertanian Sekadau  melalui kasie pembenihan Rahim  menyampaikan  petani swadaya harus menanam benih yang asal usulnya jelas dan bersertipikat dan benih unggul tujuannya adalah supaya dapat menghasilakan secara maksimal.

Asisten kebun PT.Agro Andalan Dani mengatakan, pada prinsipnya semua perusahaan menuju ke sertifikasi ISPO maupun RSPO katanya. Dani menambahkan faktor penentu keberhasilan kebun sawit adalah benih. (jr)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.