Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Soal Gedung Serba Guna Lawira Satua, Ini Tanggapan PMD Nias Utara

Loading...

Nias Utara – Gedung serba guna Desa Lawira Satua yang menghabiskan anggaran 700 juta lebih dan tak kunjung selesai dikerjakan, yang menurut pengakuan Kades Lawira Satua Sebelumnya karena adanya surat edaran dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara, Kepala Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat (PUEM)  Sukemi Harefa, SE membenarkan surat edaran tersebut.

“Surat edaran itu benar telah kita sampaikan kepada kepala desa lawira, yang dalam surat tersebut menghimbau untuk sementara per 20 Januari 2019 tidak melakukan kegiatan dikarenakan akan turunnya anggaran DD Tahun anggaran 2019, dengan tujuan agar tertib administrasi” Kata Sukemi kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/5).

Dikatakan Sukemi, pihak PMD tidak pernah memberi himbauan untuk berhenti mengerjakan kegiatan yang belum terselesaikan usai mencairkan anggaran  per 20 Desember 2018 lalu.

“Menurut saya,  pihak desa dapat menyelesaikan pekerjaan fisik yang belum dikerjakan setelah mencairkan anggaran di akhir tahun, apalagi kalau bahan material telah dibelanjakan dan kita dari PMD tidak sejauh itu (secara teknis)  mencampuri pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan oleh desa, kita hanya menerima laporan administrasi” kata Sukemi.

Untuk diketahui, Pembangunan gedung serba guna Desa Lawira Satua Tahun anggaran 2018 berbiaya 728 juta lebih belum selesai dikerjakan. Berdasarkan pengakuan Kepala Desa Lawira Satua kepada wartawan sebelumnya bahwa seluruh anggaran telah diserap dan telah dibelanjakan untuk membeli bahan material, sementara upah kerja telah dikembalikan ke kas desa karena kegiatan tidak bisa dilaksanakan dengan pertimbangan surat edaran dari PMD, Kata Kades. (aza)

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.