SMPN 1 Buay Pemaca Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

Loading...

Oku Selatan – Sekolah mengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Buay Pemaca terima Penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri tahun 2019 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Kantor Kementerian Jakarta, Jumat (13/12/2019).

SMPN 1 Buay Pemaca salah satu Sekolahan Adiwiyata yang telah memberikan kontribusi berupa pengurangan timbunan sampah sampai pengelolaan sampah dengan 3R, yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle.

Pada Tahun 2018 di Provinsi Sumatera Selatan ada 5 sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata Nasional dan pada tahun 2019 ada 7 sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata Nasional dimana salah satunya berasal dari Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Salah satu penerima penghargaan Adiwiyata Nasional tersebut yakni SMPN 1 Buay Pemaca Kabupaten OKU Selatan. Sekolah yang terletak di salah satu kabupaten di ujung Pulau Sumatera ini berhasil terpilih menjadi yang terbaik setelah berkompetisi dengan sekolah lainnya di Sumsel.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU Selatan, Umar Safari, S.Sos menerangkan bahwa tahun 2019 pemerintah Kabupaten OKU Selatan mengusulkan dua sekolah untuk bersaing dengan sekolah dari kabupaten lain di Provinsi Sumatera Selatan.

Kedua sekolah tersebut yakni MTsN1 Muaradua dan SMPN 1 Buay Pemaca. Pemilihan sekolah tersebut dikarenakan keduanya telah terpilih sebagai sekolah Adiwiyata tingkat propinsi yang menjadi syarat untuk mengikuti lomba di tingkat nasional.

“Jika tidak menang di tingkat propinsi maka tidak bisa diajukan ke tingkat nasional. Kita patut bangga, SMPN 1 Buay Pemaca berhasil menang di tingkat nasional sekaligus menjadi sekolah pertama di OKU Selatan yang mendapat penghargaan Adiwiyata Nasional,” ujar Kadis DLH OKU Selatan.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan OKU Selatan, Zulfakar Dani, S.Pd.,M.M saat dikonfirmasi mengungkapkan harapannya penghargaan ini dapat memotivasi sekolah-sekolah lainnya pada semua jenjang pendidikan di Kabupaten OKU Selatan untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan hidup yang terinternalisasi sejak dini.

“Ke depan kita dorong sekolah- sekolah yang telah mendapat anugerah Adiwiyata Nasional untuk menjadi Adiwiyata Mandiri,” ungkap Zulfakar.

Sedangkan kepala sekolah SMPN1 Buay Pemaca, Rosidah, S.Pd., M.M yang juga dihubungi via telephone pada hari yg sama mengungkapkan rasa bahagia dan bangga atas penghargaan sekolah yang dipimpinnya.

“Saya ucapkan terimakasih untuk semua pihak yang telah bekerja keras sehingga penghargaan ino bisa diraih dan penghargaan ini saya serahkan kepada Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dan SMP N 1 Buay pemaca,” pungkasnya. (Suardi)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.