Sinergisitas 3 Pilar Desa Untuk Percepatan Pembangunan

NusantaraTerkini.Com – “Tidak ada sebuah teori pun yang bisa menampilkan prestasi pembangunan di tengah situasi kamtibmasnya yang tidak kondusif. Maka itulah kita bertemu pada hari ini, yaitu dalam rangka sinergitas atau kebersamaan dalam sebuah keharmonian,” ungkap Gubernur Ridwan Mukti dalam pelaksanaan Apel Besar 3 Pilar Desa, Kamis siang (22/12), di STQ Bengkulu.

Acara yang diinisiasi pemerintah Provinsi Bengkulu bersama Polda Bengkulu dan Korem 041/Garuda Emas ini bertajuk “Kita Wujudkan Situasi Kamtibmas Yang Kondusif Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Provinsi Bengkulu”.

Dalam kesempatan ini Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti meminta Kades/Lurah di Bengkulu untuk bersinergi bersama Babinsa dan Babinkamtibmas dalam mendorong percepatan pembangunan. Pasalnya pembangunan dan pemberdayaan masyarakat tidak akan berjalan dengan baik jika kondisi kamtibmas suatu deerah tidak kondusif.

Menurut Gubernur RM, sapaan akrap Ridwan Mukti, ada beberapa syarat untuk menciptakan kondusifitas ini, diawali antara Kades, Babinkamtibmas dan Babinsa harus saling mengenal, kemudian harus dilakukan partisipasi atau melibatkan pihak yang ahli dibidangnya. Selanjutnya, adalah akuntabilitas dalam membuat kebijakan di wilayah masing – masing sesuai dengan peraturan dan perundang – undangan.

“Kalau masih banyak Kades yang belum kenal dengan Babinsa dan Babinkamtibmasnya, pulang nanti bertiga jalan bersama – sama. Ini kesepakatan gubernur, danrem dan kapolda yang disaksikan oleh perwakilan dari Mabes Polri,” tambah Gubernur RM.

Selain Gubernur, Kapolda dan Danrem 041 Gamas Bengkulu serta para Babinsa, Babinkamtibmas dan Kades/ Lurah, apel besar tersebut juga dihadiri Karo Renmim Baharkam Mabes Polri Brigjen Pol Arkian Lubis.

Hal senada juga disampaikan Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Yovines Mahar dan Danrem 041 Gamas Bengkulu Kol Inf Andi Muhammad. Dengan sinergisitas yang terbentuk antara Kades, Babinsa dan Babinkamtibmas di suatu wilayah, maka langkah kongkrit dalam menciptakan situasi kondusif, mengurangi angka kemiskin dan mengejat ketertinggalan dipastikan akan cepat terwujud.

“Kita sangat membanggakan dari 3 pilar ini untuk mendukung percepatan pembangunan yang ada di Provinsi Bengkulu yang kita rasakan jauh tertinggal. Insya Allah dengan pertemuan ini, kita tahu harus berbuat apa, harus bekerjasama bagaimana untuk membangun Bengkulu,” Brigjen Pol Yovianes Mahar yang sebelumnya juga menjabat sebagai Kapolda Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara itu menurut Danrem 041 Gama Bengkulu, apel besar 3 pilar desa ini tidak hanya dilaksanakan di Bengkulu tapi juga di Provinsi lainnya, “makanya untuk penguatan kita bikin acara 3 pilar ini, supaya kita bisa semakin kuat menjaga keutuhan NKRI,” ungkap Kol Inf Andi Muhammad secara tegas. (MC)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.