Sinergi Warga dan TNI dalam TMMD Reguler ke-120 di Banjarnegara

Banjarnegara – Suasana Desa Sijenggung, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terlihat penuh semangat dan kebersamaan. Salah satu warganya, Ibu Suhedi, bersama dengan Serma Pono, anggota Satgas TMMD Reguler ke-120 TA 2024 dari Kodim 0704 Banjarnegara, bergotong royong di lokasi TMMD. Sinergi antara warga dan TNI ini menjadi bukti nyata bahwa gotong royong masih sangat hidup di tengah masyarakat. Sabtu (01/06/24).

TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Reguler ke-120 adalah program yang menggabungkan kekuatan TNI dengan masyarakat untuk mempercepat pembangunan desa. Di Desa Sijenggung, program ini mencakup berbagai proyek, termasuk perbaikan jalan, pembangunan jembatan, dan rehabilitasi rumah tidak layak huni.

Ibu Suhedi, seorang warga yang aktif terlibat dalam kegiatan ini, merasa bangga bisa ikut serta dalam pembangunan desanya. “Saya sangat senang bisa membantu dalam kegiatan ini. Melihat desa kami berkembang dan semakin baik adalah kebahagiaan tersendiri,” ujarnya dengan senyum.

Serma Pono, yang memimpin tim di lapangan, menjelaskan pentingnya kolaborasi antara TNI dan warga dalam TMMD. “Keberhasilan program TMMD tidak hanya bergantung pada TNI, tetapi juga pada partisipasi aktif dari masyarakat. Dengan bekerja sama, kita dapat mencapai hasil yang maksimal dan bermanfaat bagi semua,” katanya.

Salah satu proyek utama di Desa Sijenggung adalah pembangunan jalan rabat beton sepanjang 806 meter dengan lebar 3 meter. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas warga, yang pada gilirannya akan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Jalan yang baik akan memudahkan transportasi hasil pertanian dan memfasilitasi kegiatan sehari-hari warga.

Selain pembangunan fisik, TMMD juga menyentuh aspek sosial dan ekonomi. Program ini termasuk penyuluhan kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Ibu Suhedi, bersama warga lainnya, aktif mengikuti berbagai penyuluhan yang diselenggarakan oleh TNI. “Kami mendapat banyak pengetahuan baru, terutama dalam hal kesehatan dan pengelolaan ekonomi rumah tangga,” katanya.

Dandim 0704/Banjarnegara, Letkol CZI Teguh Prasetyanto, S.T., selaku Dansatgas TMMD, menegaskan bahwa tujuan utama TMMD adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. “Program ini bukan hanya tentang pembangunan infrastruktur, tetapi juga tentang membangun manusia. Kami ingin masyarakat merasakan manfaat langsung dari kehadiran TNI di tengah mereka,” jelasnya.

Kadispermades Banjarnegara, Herdro Cahyono, M.Si., yang juga hadir dalam kegiatan TMMD, menekankan pentingnya keberlanjutan program ini. “TMMD adalah salah satu bentuk nyata dari upaya pemerintah dalam membangun desa secara berkelanjutan. Kami berharap program ini terus berjalan dan memberikan dampak positif yang panjang bagi masyarakat,” ujarnya.

Melalui TMMD Reguler ke-120 ini, Desa Sijenggung diharapkan dapat terus berkembang dan meningkatkan kesejahteraan warganya. Sinergi antara TNI dan masyarakat menunjukkan bahwa dengan kerja sama dan gotong royong, tantangan apapun dapat dihadapi dan diatasi dengan baik.(Pendimbna).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.