Sinergi Satgas TMMD dan Warga Desa Sijenggung dalam Pemasangan Keramik RTLH

Banjarnegara – Keharmonisan dan semangat gotong royong antara TNI dan warga desa semakin terlihat jelas dalam pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-120 Ta 2024 yang diselenggarakan oleh Kodim 0704/Banjarnegara. Salah satu bukti nyata dari sinergi ini adalah kegiatan pemasangan keramik di rumah Bapak Sutono di Dusun Sumurup, Desa Sijenggung, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Selasa (04/06/24).

Anggota Satgas TMMD, bersama Pak Muslih, seorang warga Desa Sijenggung, bergotong royong memasang keramik di rumah Bapak Sutono. Pemasangan keramik ini merupakan bagian dari program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang menjadi salah satu fokus utama TMMD Reguler ke-120. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal warga, tetapi juga untuk mempererat tali persaudaraan antara TNI dan masyarakat.

Pasiter Kodim 0704/Banjarnegara, Kapten Inf Koko Suwarko, menjelaskan pentingnya kolaborasi antara TNI dan warga dalam setiap kegiatan TMMD. “Kami sangat mengapresiasi semangat gotong royong yang ditunjukkan oleh warga Desa Sijenggung. Ini adalah contoh nyata bagaimana kemanunggalan TNI dengan rakyat bisa terwujud dalam kegiatan sehari-hari. Pemasangan keramik ini adalah salah satu bentuk nyata dari sinergi tersebut,” ujar Kapten Koko Suwarko.

Kapten Koko Suwarko juga menambahkan bahwa program TMMD ini tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur, tetapi juga pada aspek sosial dan kesejahteraan masyarakat. “Kami berharap, melalui kegiatan seperti ini, kualitas hidup masyarakat dapat meningkat dan hubungan antara TNI dan rakyat semakin erat,” tambahnya.

Kepala Desa Sijenggung, Suyono, turut hadir dalam kegiatan tersebut. Ia menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada Satgas TMMD yang telah bekerja keras membantu warga desanya. “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada TNI yang telah membantu kami. Kegiatan pemasangan keramik ini sangat berarti bagi kami, terutama bagi Bapak Sutono dan keluarganya. Dengan adanya program TMMD ini, kami merasa sangat terbantu,” kata Suyono.

Suyono juga menekankan bahwa semangat gotong royong yang ditunjukkan oleh warga Desa Sijenggung adalah cerminan dari nilai-nilai yang telah lama dipegang oleh masyarakat desa. “Di Desa Sijenggung, kami selalu menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan gotong royong. Melalui kegiatan TMMD ini, kami bisa menunjukkan bahwa dengan bekerja bersama-sama, kita bisa mencapai hal-hal besar,” tambahnya.

Pak Muslih, yang turut membantu dalam pemasangan keramik, juga mengungkapkan rasa senangnya bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Saya sangat senang bisa ikut membantu pemasangan keramik di rumah Bapak Sutono. Ini adalah bentuk nyata dari gotong royong dan kebersamaan antara warga dan TNI. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut dan membawa manfaat bagi kita semua,” ujar Pak Muslih.

Bagi Bapak Sutono, bantuan dari Satgas TMMD dan warga desa merupakan anugerah besar. “Saya sangat berterima kasih kepada TNI dan para tetangga yang telah membantu memasang keramik di rumah saya. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Saya berharap, melalui kegiatan ini, hubungan antara warga dan TNI semakin erat dan saling mendukung,” kata Bapak Sutono dengan penuh haru.

Kegiatan pemasangan keramik di rumah Bapak Sutono ini adalah salah satu dari banyak kegiatan yang dilakukan oleh Satgas TMMD Reguler ke-120 di Desa Sijenggung. Semangat kebersamaan dan gotong royong yang ditunjukkan oleh TNI dan warga desa menjadi bukti nyata bahwa program TMMD tidak hanya membangun fisik desa, tetapi juga memperkuat hubungan sosial dan kebersamaan di tengah masyarakat.

Melalui program TMMD ini, diharapkan Desa Sijenggung dan desa-desa lain yang menjadi sasaran program dapat merasakan manfaat yang berkelanjutan, baik dari segi infrastruktur maupun kualitas hidup masyarakatnya. Semoga semangat kebersamaan ini terus terjaga dan menjadi inspirasi bagi kita semua.(Pendimbna).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.