Sidak Pembangunan Gedung ICU RSUD Wlingi Blitar, Ketua Komisi III: 2 Minggu ke Depan Kami Kesini Lagi

Blitar – Komisi III DPRD Kabupaten Blitar melakukan inspeksi mendadak (sidak) pembangunan gedung ICU RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Rabu (09/08/2023).

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Blitar M. Andika mengatakan, sidak pembangunan gedung ICU senilai 27 miliar itu terdapat beberapa bagian struktur yang keropos.

Disamping itu, juga ada beberapa kesalahan seperti penggunaan alat pemadat adukan yang kurang optimal.

“Kolom-kolom dipusatnya keropos, maka otomatis mengurangi kekuatan kolom tersebut, apalagi bangunan direncanakan 4 lantai,” tandasnya.

Senada, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Sugianto meminta dalam pelaksanaan proyek tersebut untuk menambah tenaga kerja, karena dari hasil capaian kinerjanya ditengarai sangat jauh dari harapan.

“Harapannya, pembangunan gedung itu bisa selesai di akhir tahun,” katanya usai rapat dengan pihak RS, pengawas dan pelaksana.

Hal lain, sambungnya, juga terkait mutu dan kualitas, seperti cor kolom yang keropos.

Dari pihak pelaksana, lanjut Sugianto mengungkapkan, nantinya jika umur beton sudah cukup, maka akan diambil tes oleh pengawas.

“Nanti saat tes lolos ya tentu dilanjutkan, tapi ketika tidak, jika perlu ya harus dibongkar,” ungkapnya.

Ditambahkannya, dalam waktu 1 sampai 2 minggu ke depan pihaknya juga akan meninjau kembali pembangunan gedung ICU tersebut.

“1 sampai 2 Minggu ke depan kami kesini lagi, tadi sudah menyampaikan untuk menyiapkan RAB dan gambar supaya lebih spesifik dalam mengawasi kegiatan pembangunan ini,” pungkasnya.

Sementara Site Manager (SM) atau pembantu Project Manager, Rudi mengatakan, pihaknya akan berupaya mengejar keterlambatan pekerjaan melalui percepatan-percepatan dalam kegiatan pembangunan gedung ICU ini.

“Kegiatan pembangunan gedung ICU ini sampai dengan 24 Desember 2023, insyaAllah masih bisa terkejar dan selesai tepat waktu,” imbuhnya. (r1d)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.