Sidak ke Desa Mojomulyo, Komisi A Ingin Pastikan Aset Desa Benar-Benar Bersih Dari Kekuasaan Kades Lama

Nusantaraterkini.com- Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Jember, Tabroni bersama anggota, melakukan sidak ke Kantor Desa Mojomulyo Kecamatan Puger, guna memastikan bahwa pelaksanaan Pilkades serentak nanti, PJ Kades benar-benar merencanakanya dengan seksama. Rabu, (03/02/21).

Selain itu, imbuh Tabroni, Komisi A ingin melihat secara langsung, sejauh mana tanggung jawab PJ Kades dalam merekap semua aset kekayaan desa, sehingga tidak timbul persoalan di kemudian hari.

“Semua Aset Desa itu harus benar-benar kembali dari Kades yang lama kepada PJ Kades yang nanti diserahkan ke Kades terpilih untuk dikelola sesuai aturan, ” tegas Tabroni.

Oleh karena itu, Ia meminta kepada PJ Kades, semua aset desa harus benar-benar dalam keadaan bersih serta tidak ada yang masih dalam kekuasaan Kades lama.

Selama kunjungan Sidak Tabroni bisa menyimpulkan, setiap Desa mempunyai karakter dan problem sendiri-sendiri.Seperti Desa Mojomulyo misalnya, di sana Dia melihat Aset Desa berupa TKD ternyata tidak bisa berfungsi secara maksimal, karena TKD disewakan tidak melalui lelang.

Bahkan ada yang diberikan langsung kepada perangkat desa, tentu secara ekonomi tidak bisa menguntungkan.”Seharusnya Desa harus berfikir jangka panjang, kalau itu dilelang maka akan terkumpul keuntungan yang lebih maksimal, ” tuturnya.

Tabroni menyampaikan, agenda Sidak ini akan dilaksanakan kembali dalam beberapa hari ke depan, guna mengumpulkan masalah-masalah yang ada di Desa.

Kemudian hasilnya akan diberikan sebagai masukan kepada bupati baru, yang nantinya bisa mengupayakan pengelolaan aset desa yang lebih maksimal.

Katanya, Komisi A juga akan memanggil beberapa PJ Kades untuk diajak diskusi dan hearing seputar persoalan Desa dan Program Pemerintah, baik yang sudah dijalankan maupun yang masih rencana.

“Lihat nanti siapa saja beberapa desa yang akan kita panggil, beberapa waktu kita juga sudah memanggil PJ Kades ke DPRD, ” pungkasnya. (Tahrir)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.