Siang Malam Digenangan Air, Untuk Melakukan Kajian Solusi Banjir di 44 Titik di Kota Tangerang

Nusantaraterkini.com, Kota Tangerang – “Berhari – hari di guyur hujan deras.berpotensi Banjir di 44 Titik tersebar di13 kecamatan lingkungan Kota Tangerang hingga pagi hari ini (Sabtu 20/2/2021) kita fokus pemetaan persoalan siang dan malam diguyur hujan dan harus berada ditengah genangan air hingga baju kering di badan.

Berdasarkan kajian penanganan genangan akan direncanakan penataan drainase, pembangunan rumah pompa dengan anggaran sebesar Rp 800 jt khusus untuk mengatasi Banjir di lingkungan RT03/03 Batusari Kecamatan Batuceper,”Hal itu diungkapkan Mursiman, Kepala Bidang Sumber Daya Air PUPR, Pemerintah Kota Tangerang (Sabtu 20/2/2021)

“Genangan Air di Rt 03/03 Batusari Kecamatan Bartuceper, terdampak banjir seluas 2,- hektar ketinggian 30.cm sampai 50.cm disebabkan kawasan itu rendah, sudah menjadi kajian dan disiapkan Rp 800 juta untuk membangun Rumah Pompa dan penataan drainase,” terangnya.

Kendati masa Pandemi, Hingga siang ini ada 44 titik yang terdata tergenang air dengan tinggi mulai 15 cm hingga 110 cm. tentunya sedang siaga penanganan di lapangan,”tutur Mursiman.

Dirinya menerangkan ,Pagi hari ini fokus penanganan di Gebang Raya, Periuk, masih tergenang Banjir,” sedangkan, Banjir di titik lainya di kawasan Jembatan Alamanda RT 01 hingga RT 04 di RW 21.Gebang Raya, dan daerah Pondok Arum, Perumahan Garden City.”lalu,Banjir dibeberapa kawasan lainya sudah teratasi, semoga hari ini tidak hujan deras seperti kemaren,”imbuhnya.

“Harus di cari Titik persoalan dari hulu hingga hilir, mengalir nya Air, lalu kita jadikan kajiañ rencanakan solusi, untuk itulah sudah berhari – hari baju kering dibadan, bergerak di tengah genangan, guyuran air hujan agar dimusim penghujan tahun mendatang, titik genangan dapat berkurang.”ucap Kabid PU, Jebolan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Mengatasi genangan, Pagi hari ini Kita fokuskan Tim mengurangi genangan Air telah disiapkan mesin pompa untuk menyedot Air dan juga evakuasi serta pendampingan kesehatan bekerja sama dengan OPD terkait di Pemkot Tangerang.

“Walau genangan air menurun, Ya tetap siaga terus, Menerjunkan Tim sejumlah petugas untuk menyedot genangan dampak banjir.dan juga kerjasama dengan para OPD terkait, untuk membantu warga, evakuasi, mengatur lalu lintas bahkan dapur umum,”ucapnya.

Meskipun anggaran terbatas, Kita lakukan pendekatan dengan Kementerian PUPR,Pemda DKI dan Pemda Banten agar semua Waduk, Danau dan Sungai dapat digunakan menjadi Kanal penampung air, agar setiap di musim penghujan dapat mengatasi genangan di lingkungan Pemkot Tangerang,”sambung nya.

Pemkot Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang, terus berupaya melakukan pencegahan dan penanganan Banjir. dengan membersihkan sampah di sungai, normalisasi pintu air serta normalisasi turap,

“Selain itu, Dinas PUPR, langsung bergerak cepat melakukan langkah penanganan di titik-titik banjir yang terjadi,”pungkas nya.

Tangerang (Sabtu 20/2/2021)

Biro Tangerang Raya : Rohman

Rekomendasi

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.