Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru Dimulai Hari ini

Loading...

JAYAPURA – Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura menggelar Apel gelar Pasukan dalam rangka Siaga Natal dan tahun Baru (NATARU) di Halaman Kantor SAR Jayapura, Rabu (18/12/2019).

Dalam sambutan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito yang dibacakan KakanSAR Jayapura Putu Arga Sujawadi menyampaikan,pelaksanaan siaga SAR khusus natal 2019 dan tahun baru 2020 akan dimulai dari tanggal 18 desember 2019 hingga 8 januari 2020.

Dimana puncak arus mudik dan liburan diperkirakan jatuh pada tanggal 21 dan 28 desember 2019 serta 5 januari 2020.

Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) untuk mendukung pelaksanaan arus mudik dan liburan natal tahun baru (Nataru).

Basarnas melaksanakan siaga SAR khusus Nataru dengan tujuan terwujudnya pelayanan sar yang cepat, tepat, aman dan handal, untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait melalui pemantauan jalur mudik angkutan natal dan tahun baru, serta pemantauan kawasan wisata strategis secara profesional, sinergi dan militan.

Kesiapsiagaan Basarnas dalam siaga Sar khusus Nataru harus selalu ditingkatkan dari tahun ke tahun, baik koordinasi, kesiapan personil, serta peralatan dan keterampilan, untuk peningkatan kecepatan waktu tanggap (response time) jika terjadi kecelakaan dan bencana.

“Beberapa hal yang perlu saya tekankan kepada semua petugas siaga Sar khusus ini, agar aktif berkoordinasi dan bersinergi dengan potensi sar terkait, menjaga nama baik organisasi, ikuti prosedur yang ada, tunjukan bahwa kita bekerja secara profesional, sinergi dan militan, serta utamakan faktor keselamatan dalam pelayanan sar bagi petugas dan masyarakat,” ujar Putu Arga.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah performance alut dan petugas Basarnas, kesiapan dan kebersihan kendaraan serta peralatannya, merupakan salah satu faktor yang menunjang kewibawaan dan performance basarnas, sehingga lebih meyakinkan penilaian masyarakat terhadap kesiapsiagaan pelayanan sar. (Fai/rilis SAR Jayapura)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.