Sepekan Berwisata Di Cirebon

Cirebon, NusantaraTerkini.Com – Arus pelancong ke Kota Cirebon belakangan ini makin meningkat, hal ini disebabkan pesatnya perkembangan ekonomi dan pembangunan akses jalan. Sejak, dibukanya Tol Cipali, Jarak tempuh menuju Cirebon makin mudah dan cepat. 

Akses ke Jakarta ke Cirebon yang dulunya mencapai tujuh jam melalui jalur Pantura, kini lebih singkat menjadi empat jam. Sementara Pembangunan kereta api dengan rel ganda membuat perjalanan  Jakarta, Bandung, dan Semarang menuju Cirebon dapat di ditempuh tiga jam saja.

Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat meyakini bahwa Cirebon dapat menjadi salah satu destinasi menjanjikan bagi Jawa Barat serta nasional.

Kota para wali ini mempunyai destinasi yang sama menariknya dengan kota wisata di provinsi Jawa Barat. Setiap libur akhir pekan dan musim libur panjang, Cirebon Mendadak ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari luar kota.

Senadan dengan Sultan Sepuh XIV Pra Arief Natadiningrat, Ketua Komisi III DPRD Cirebon, dr Doddy Ariyanto mengatakan, Cirebon berpotensi menjadi kota wisata.

Secara geografis Luas Kota Cirebon adalah 37,54 km2  memanjang dari barat ke timur 8 kilometer, Utara ke Selatan 11 kilometer dengan ketinggian dari permukaan laut 5 meter (termasuk dataran rendah). Sangat indah bila berkeliling kota Batik ini dengan kendaraan roda empat.

Bagi pelancong yang ingin menyewa kendaraan roda empat, banyak tempat penyewaan kendaraan profesional yang menyediakan jasa rental avanza di Cirebon  dan rental hiace di Cirebon salah satunya rental mobil Happy Rent beralamat di Pondok Avicenna Jalan Taman Pemuda No 2 Cirebon, Telpon 0812 984 76 511, 0815 640 7913, Wa : 0821 2098 2211 atau dapat pula mengakses http://rentalmobildicirebon.com/.

Nah, bagi anda yang ingin berlibur Kota Udang, ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Cirebon yang patut dikunjungi.

  1. Keraton Kasepuhan

Bagi pencinta wisata sejaah Keraton Kasepuhan merupakan tempat wisata wajib untuk dikunjungi di Cirebon, di dalam keraton wisatawan dapat melihat berbagai peninggalan bersejarah seperti kereta kencana, gamelan dari tahun 1426, lukisan antik Prabu Siliwangi, rebana peninggalan Sunan Kalijaga, hingga meriam mini.

  1. Keraton Kanoman

Tak kalah bersejarah dengan Keraton Kesepuhan, Keraton Kanoman memiliki dekorasi dan gaya arsitektur khas Jawa dan Tiongkok yang mengandung nilai sejarah perkembangan kerajaan Islam di Indonesia. Berbagai koleksi benda bersejarah seperti lukisan, kerajinan keramik, serta kereta kencana Paksi Naga Liman yang legendaris dapat Anda temukan di tempat wisata di Cirebon ini.

  1. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid tertua di Cirebon ini berlokasi di kompleks Keraton Kasepuhan. Arsitektur Masjid Agung Sang Cipta Rasa banyak didominasi pengaruh Kerajaan Islam pada masa lalu. Ciri khas tersebut dapat dilihat dari atap masjid yang tidak memiliki kemuncak seperti masjid-masjid lain di Pulau Jawa pada umumnya. Meski tampak sederhana, ada kisah menarik di balik pembangunan masjid ini. Konon, pembangunan

  1. Makam Sunan Gunung Jati

Lantunan ayat-ayat suci bergema di seantero kompleks Makam Sunan Gunung Jati, seakan menyambut para peziarah. Kompleks Makam Sunan Gunung Jati terkenal dengan keberadaan sembilan pintu yang disusun secara bertingkat. Namun, pengunjung hanya diperkenankan untuk masuk hingga pintu ke-lima, sebab pintu-pintu selanjutnya hanya diperuntukkan bagi keturunan Sunan Gunung Jati.

  1. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman yang memiliki deretan gua ini dulunya merupakan tempat bermeditasi bagi para pemuka kerajaan atau prajurit keraton, sementara para pelancong menjadikan tempat wisata di Cirebon ini sebagai lokasi berburu foto.

  1. Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani

Kehadiran pondok ikonik seperti yang terdapat di Dusun Bambu Lembang serta restoran bergaya kapal laut menjadi daya tarik bagi wisatawan, khususnya para pencinta fotografi.

  1. Bukit Gronggong

Cirebon juga punya destinasi wisata dengan pemandangan malam yang ciamik, namanya Bukit Gronggong. Bukit Gronggong merupakan lokasi nongkrong favorit anak muda Cirebon dan sekitarnya. Di kawasan Bukit Gronggong, Anda dapat menikmati indahnya pemandangan Cirebon pada malam hari dari ketinggian sambil duduk di bangku dan menikmati minuman hangat di tengah sejuknya cuaca perbukitan.

  1. Telaga Remis

Telaga Remis menawarkan segarnya pemandangan alam khas kaki Gunung Ciremai untuk Anda yang ingin melepas penat dari padatnya aktivitas sehari-hari. Terletak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Cirebon, tepatnya di daerah Kaduela, Kuningan, Telaga Remis konon merupakan tempat pertapaan Raja Siliwangi pada masa lalu.

  1. Setu Patok

Dikenal sebagai Danau Toba-nya Cirebon. Setu Patok dinobatkan sebagai danau terbesar di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Danau Setu Patok cocok dijadikan sebagai tempat bersantai dan berburu foto. Di sore hari pengunjung akan disuguhkan panorama sunset yang indah.

  1. Sentra Batik Trusmi

Kawasan Trusmi terkenal akan deretan rumah perajin batik.  Di sepanjang Jalan Trusmi tersebut, Anda akan disajikan beragam galeri batik khas Cirebon yang terkenal akan motif mega mendung dan coraknya yang cerah tapi lembut.

  1. Wanawisata Ciwaringin

Pemandangan gunung kapur yang gagah pun turut menambah daya tarik tempat wisata di Cirebon yang satu ini. Tak hanya itu, di kawasan Wanawisata Ciwaringin pun terdapat arena motorcross yang diperuntukkan bagi para pencinta tantangan. Tersedia pula sejumlah fasilitas pendukung seperti kamar mandi, lahan parkir, ruang ibadah, dan penginapan untuk memastikan kegiatan wisata pengunjung tetap nyaman.

  1. Hutan Plangon

Hutan Plangon bisa jadi tempat wisata unik sekaligus keramat bagi warga Cirebon dan sekitarnya. Konon, hutan ini merupakan tempat menyepi dua pangeran keraton Cirebon. Banyak juga yang mengatakan bahwa dua pangeran tersebut disemayamkan di Hutan Plangon. Tidak heran jika banyak pula pengunjung yang datang ke Hutan Plangon untuk berziarah ke makam dua sesepuh Cirebon tersebut.

  1. Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang terkenal sebagai tempat ikan bakar yang punya pemandangan alam khas pegunungan. Pengunjung bahkan dapat menangkap ikan sendiri untuk diolah menjadi santapan lezat.

Perahu wisata, pondokan, serta kolam renang dapat Anda jajal untuk menyemarakkan liburan bersama keluarga Anda.

  1. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan bisa menjadi tempat wisata di Cirebon alternatif bagi Anda yang merindukan suasana semilir pantai dan deburan air laut.  Anda n dapat menaiki perahu motor untuk mengelilingi area Pantai Kejawanan dengan sewa sebesar Rp15.000-Rp20.000

  1. Alun-alun Kejaksan

Alun-alun Kejaksan merupakan tempat nongkrong favorit warga Kota Cirebon. Kedai makanan dan minuman berderet di sepanjang tempat wisata ini, pada malam hari. Hiasan kelap-kelip lampu menambah semarak suasana malam di alun-alun.(red)

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.