Senangnya Warga Sei Kamah II di Asahan Disapa Layanan BPJS Keliling

Asahan – Nusantaraterkini.com || BPJS Keliling hadir dan menyapa masyarakat Desa Sei Kamah II yang berada di Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan. Melalui program BPJS Keliling ini, BPJS Kesehatan bertekad untuk dapat lebih dekat dan akrab dengan seluruh Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di seluruh wilayah Republik Indonesia, bahkan sampai ke wilayah yang cukup membutuhkan usaha yang lebih untuk menjangkaunya, Rabu (20/9/2023).

Kemudahan ini dirasakan sendiri oleh Supartik, warga Desa Sei Kamah II yang ingin mengaktfikan kembali status kepesertaannya beserta seluruh anggota keluarganya. Diakuinya, sebelumnya dirinya dan keluarganya terdaftar sebagai Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) di salah satu Badan Usaha tetapi kini statusnya sudah tidak aktif lagi dikarenakan sudah tidak bekerja lagi.

“Ini untung ada BPJS Keliling, saya mau mengaktifkan kembali kepesertaan JKN saya dan keluarga. Sudah dari kemarin mau ke Kisaran tapi belum sempat terus waktunya. Jaraknya jauh soalnya. Syukurlah ada BPJS Keliling yang datang ke desa kami, jadi nggak perlu jauh-jauh ke kota,” ujar wanita yang akrab disapa Partik tersebut.

Diakuinya, Ia sudah merasakan sendiri kebaikan Program JKN untuk dirinya dan keluarganya, sehingga ada perasaan cemas ketika mengingat status kepesertaannya tidak aktif.

“Kalau kartu tidak aktif itu rasanya was-was sekali, perasaan tidak tenang karena kita nggak tau kapan sakit itu akan datang. Mana di zaman sekarang ini biaya berobat mahal sekali. Aduh jauh-jauhlah kalau misalnya harus berobat dengan bayar umum. Sudah pasti bikin pusing kepala. Sakitnya itu sendiri merepotkan, apalagi kalau sampai harus memikirkan biaya berobat yang mahal,” tuturnya.

Selain mendaftarkan kembali dirinya menjadi Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), Supartik juga memboyong serta keponakannya yang belum terdaftar menjadi peserta JKN untuk mendaftarkan dirinya.

“Sekalian saja, mumpung ada BPJS Keliling. Nggak perlu jauh-jauh, disini di Balai Desa ada. Jangan tunggu sakit baru mendaftar, sudah pasti terlambat. Makanya tadi saya ajak juga sekalian biar ke depannya tidak merepotkan,” ujarnya.

Ahmad Razali, selaku Perangkat Desa Sei Kamah II menyambut baik kedatangan BPJS Keliling ini. Diakuinya layanan BPJS Keliling ini pastinya akan banyak membantu masyarakat Desa Sei Kamah II dalam mengakses informasi dan layanan administrasi seputar Program JKN.

“Warga Desa Sei Kamah II menyambut dengan tangan terbuka kedatangan Tim BPJS Keliling di desa kami. Kami berterima kasih sudah mau berkunjung dan membantu banyak masyarakat di sini. Karena jujur masih banyak masyarakat yang masih memiliki banyak pertanyaan tentang Program JKN ini. Terutama informasi tentang status kepesertaan yang masih aktif atau tidak terutama kepada peserta penerima bantuan dari pemerintah,” ujarnya.

Ditemui pada kesempatan berbeda, Lenny Marlina T.U.M. selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kisaran, menyampaikan bahwa kehadiran layanan BPJS Keliling ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Desa Sei Kamah II untuk dapat mengakses layanan Program JKN dengan lebih mudah tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan.

“Layanan administrasi keliling ini merupakan salah satu upaya yang cukup efektif untuk bertemu langsung dan membantu warga Desa Sei Kamah II dalam pelayanan administrasi program JKN. Tentunya kebutuhan tiap peserta berbeda. Itu sebabnya kita akan membantu tiap-tiap kebutuhan peserta, selain itu kita juga mengarahkan peserta untuk mendapatkan pelayanan administrasi melalui kanal yang lain. Kita tetap ingatkan akan penggunaan Aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini menyediakan banyak kemudahan di antaranya info Program JKN, pendaftaran peserta baru, pendaftaran pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), perubahan data peserta, konsultasi dokter, dan banyak menu lainnya. Juga tidak lupa Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 08118465765, dan BPJS Kesehatan Care Center 165,” jelas Lenny.(Indra Lubis)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.