Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Senangnya Anak-Anak Kedung Kandri Brebes Melihat Mobil Sudah Masuk Kampung

Loading...

Brebes – Melihat mobil dan kendaran lain kini bisa masuk sampai ke desa mereka, anak-anak Dusun Kedung Kandri, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, bahagia.

Tampak mobil pickup Babinsa Kalinusu, Koramil 08 Bumiayu, Sertu Eko Nuhyoto, menjadi tempat ibu-ibu RT/RW. 01, untuk momong Balita. Rabu (7/10/2020).

Dijelaskan Sertu Eko, hal itu sangat wajar karena memang sudah 75 tahun, 100 kepala keluarga di Kedung Kandri, memimpikan adanya jalan tembus ke desanya Kalinusu.

“Di akhir tahun 2020 ini, Pemkab Brebes menargetkan pembukaan akses ke Dusun Kedung Kandri untuk menghapus keterisoliran dengan pembangunan jalan sepanjang 1.670 meter lebar 4 meter (RAB), melalui pembangunan lintas sektoral yaitu TMMD Reguler 109,” bebernya.

Dijelaskannya lanjut, kenyataan di lapangan, pembukaan jalan setapak, pematang sawah, dan persawahan hibah warga setempat dan para pemilik sawah asal desa/kecamatan tetangga (Bantarkawung), adalah sepanjang 2,2 kilometer lebar sampai 6 meter.

“Upaya itu agar jalan yang dibangun benar-benar sampai ke Kedung Kandri,” tegasnya.

Ditambahkannya, sebelum adanya akses tersebut, mereka harus menyeberang Kali Pemali dengan rakit, jika hendak berkunjung ke kerabatnya yang berada di 12 dusun lainnya di desanya Kalinusu, dengan jarak 8 kilometer dalam waktu 45 menit lebih.

“Setelah menyeberang rakit dengan membayar jasa penyeberangan, mereka kemudian melanjutkan perjalanan darat melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya memasuki dusun pertama di Kalinusu, yaitu Dusun Glempang,” tandasnya.

Untuk diketahui, warga Dukuh Kedung Kandri sebelumnya harus menyeberangi Kali Pemali dengan perahu/rakit untuk mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan ke pasar terdekat yang ada di wilayah kecamatan tetangganya, yaitu Kecamatan Bantarkawung.

Untuk jasa penyeberangan perahu adalah seribu rupiah per kepala, Rp. 2 ribu/sepeda dan Rp. 5 ribu/unit sepeda motor. Sementara jarak tempuh dari Kedung Kandri ke Kalinusu kini hanya 8-10 menit dengan kendaraan bermotor.

Untuk pekerjaan pembukaan jalan menembus Dusun Kedung Kandri sendiri, dilakukan selama 39 hari, sejak Pra TMMD (15/8) sampai pembukaan TMMD (22/9), dengan excavator milik Kodim Brebes. (Rus/Aan/red)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.