Sekolah Terpaksa Jalan Kaki 5 KM, Fatayat Kencong Beri Sepeda Siti Nurhidayah

Jember, Nusantaraterkini.com Siti Nurhidayah siswi kelas 2 di sekolah MA Darul Huda Bagorejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember hari ini sangat berbahagia, lantaran impian untuk memiliki sepeda sudah terwujud. Sabtu, (20/03/21). 

Seiring bantuan sepeda yang diberikan langsung melalui Ketua PC Fatayat NU Kencong Emy Rahmawati, Ia terima di tangan sendiri dengan rasa suka cita dan perasaan lega.

Sebelum impian memiliki sepeda terwujud, Siti Nurhidayah setiap hari berangkat dan pulang sekolah Ia tempuh dengan berjalan kaki. padahal jarak antara sekolah dengan rumah sekitar 5 kilometer.

Kenyataan ini terpaksa Ia jalani meski capek dan lelah sepulang sekolah atau keluar rumah Ia rasakan.Karena orang tua tidak mampu membelikan sepeda untuknya.

“Yaa mau gimana lagi, orang tua saya yang berpenghasilan serba pas-pasan hanya cukup untuk makan saja, tidak mampu membelikan saya sepeda untuk sekolah, ” ucap Nurhidayah di rumahnya.

Ia butuh waktu kurang lebih setengah jam, selama berjalan kaki menuju ke sekolah atau juga sebaliknya saat pulang sekolah.

“Sejak lahir saya tidak mengenal wajah ibu kandung saya seperti apa, karena ibu meninggal dunia saat saya berumur beberapa bulan, ” ungkapnya.

Siti Nurhidayah saat ini tinggal bertiga bersama ayah dan kakaknya di Dusun Bendorejo Desa Karangrejo Kecamatan Gumukmas.Ayahnya bernama Nur Mukhit kesehariannya bekerja sebagai penjual rumput dengan penghasilan sangat minim.Sedangkan kakaknya bernama Syaiful Rizal mengalami idiot sejak kecil.

“Sudah terbiasa hidup mandiri.Bahkan sehari-hari saya yang memasak di dapur dan menyiapkan makanan untuk ayah dan kakak.Terkadang saya tidak sarapan saat berangkat sekolah, karena tidak sempat, ” tambah Nurhidayah.

Meski kenyataan hidup tidak semanis teman siswa sebayanya, yang bisa memiliki sepeda sendiri bahkan ada yang naik sepeda motor karena orang tuanya mampu, hal tidak menyiutkan semangatnya Dia untuk mengejar cita-citanya menjadi Guru.

“Saya tidak malu apalagi minder dengan teman-teman yang lain, meskipun berangkat dan pulang sekolah dengan berjalan kaki, ” katanya.

Ia merasa bersyukur karena sekarang sudah tidak susah lagi jika hendak keluar rumah terutama ke sekolah.

“Terima kasih untuk Fatayat NU Kencong, terima kasih untuk bapak Nur Yasin (anggota DPR RI dari fraksi PKB) yang ikut peduli kepada kami, semoga bantuan ini bermanfaat untuk saya, ” imbuhnya.

Sementara Ketua PC Fatayat NU Kencong Emy Fatmawati usai memberikan bantuan kepada Siti Nurhidayah mengatakan, jika kegiatan bakti sosial ini PC Fatayat NU Kencong, bersinergi dengan Anggota DPR RI Komisi IX Dapil Lumajang-Jember, H Nur Yasin MBA.

Selaku ketua Dewan Kehormatan PC Fatayat NU Kencong, terang Emy, Nur Yasin juga memberikan bantuan modal usaha UMKM Fatayat Kencong berupa uang tunai 100 juta.

“Hari ini giat kami memberikan sepeda kepada adik Nurhidayah yang setiap hari sekolah jalan kaki, yang jarak tempuh sekitar 5 kilometer dari rumah menuju sekolah.Orang tua kerjanya cari rumput yang nantinya dijual kembali. Itu pun kalau laku hanya sampai 2 atau 3 sak, ” kata Emy.

Selain sepeda, bantuan yang disalurkan kepada Siti Nurhidayah berupa, paket sembako, parcel, seperangkat baju dan juga uang tunai.Selanjutnya Ia bersama pengurus lainnya juga menyalurkan bantuan ke warga lain yang kurang mampu dan layak dibantu.

Emy menambahkan, sejak dirinya dilantik sebulan yang lalu, kedepan PC Fatayat NU Kencong akan lebih fokus bergerak di bidang sosial dan masyarakat, pasalnya sudah menjadi tekadnya, bidang tersebut akan Ia jadikan sebagai ikon di PC Fatayat NU Kencong.

Program prioritas lainnya, pihaknya juga akan memberdayakan warga Nahdliyin terutama ibu-ibu muda untuk berkiprah di bidang ekonomi, yang manfaatnya untuk membantu perekonomian suami.

“Fatayat itu tidak hanya jamaah pengajian saja, tapi kita juga ingin dikenal ramah lingkungan dan menyapa masyarakat, ” pungkas Emy. (Tahrir).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.