Sekda Provinsi Bengkulu : Peran Pemerintah dalam Mensukseskan Pemilu Antara Lain Menyiapkan Anggaran

Bengkulu – Untuk menjaga stabilitas dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tentu membutuhkan kerjasama semua pihak. Sehingga Pemilu dapat berjalan aman, kondusif, tertib dan lancar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Hamka Sabri menjelaskan, bahwa peran pemerintah daerah dalam mensukseskan Pemilu antara lain menyiapkan anggaran untuk penyelenggaraan Pemilu termasuk anggaran untuk pengamanan Pemilu.

Selain itu, lanjutnya, Pemerintah daerah menyiapkan data awal untuk dilakukan verifikasi oleh penyelenggara Pemilu.

“Akan menjamin stabilitas politik dan keamanan dengan bekerja sama aparat penegak hukum termasuk pihak inteligen negara serta akan menjamin netralitas ASN. Itulah peran dan fungsi dari pemerintah dalam mensukseskan pemilihan umum,” sebut Sekda Hamka Sabri, saat menjadi Narasumber Kegiatan Forum Komunikasi Sosial Bidang Politik Dalam Negeri bersama Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri RI, di hotel ternama Kota Bengkulu, Kamis (19/1).

Pemilu tentu tidak akan berjalan jika tanpa adanya anggaran. Untuk itu, kata Sekda Hamka, pemerintah provinsi telah menyiapkan dana hibah untuk penyelenggaraan Pemilu nanti.

“Sedangkan anggaran berupa hibah untuk penyelenggaraan Pemilu masih dalam verifikasi untuk dianggarkan dalam APBD pemerintah Provinsi Bengkulu,” jelasnya.

Senada yang disampaikan, Direktur Politik Dalam Negeri Kemendagri RI Syarmadani mengatakan, menjaga stabilitas keamanan dalam mensukseskan Pemilu itu adalah tanggung jawab semua komponen bangsa terutama pihak yang terlibat dalam pemilu.

Komponen itu, jelasnya, seperti penyelenggara Pemilu, peserta Pemilu, pemerintah daerah yang mendukung, rakyat yang memegang kedaulatan, media massa menyuarakan dan juga pihak-pihak yang peduli pada pemilu.

Karena, lanjutnya, banyak hal yang membuat Pemilu itu tidak aman atau menjadi titik rawan seperti dimulai dari media massa atau pun kearifan lokal sehingga perlu dijaga bersama .

“Semua pihak harus menjaga, pemerintah daerah pada perannya dengan sosialisasi untuk menjaga ketertiban dan kelancaran dari penyelenggaraan pemilu itu sendiri,” ujarnya.

Kegiatan forum komunikasi ini diikuti peserta dari Kesbangpol Kabupaten dan Kota se-Provinsi Bengkulu, Ormas dan Tokoh Masyarakat Provinsi Bengkulu. (Red/Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.