Sekda Kota Blitar Nilai Kaum Perempuan Miliki Peran Strategis Dalam Penanggulangan Bencana

NUSANTARATERKINI.COM, KOTA BLITAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar Priyo Suhartono menilai perempuan memiliki peran strategis dalam menghadapi bencana agar resiko yang ditimbulkan dapat ditekan melalui peningkatan perempuan dalam mitigasi bencana.

Hal itu disampaikan Sekda Kota Blitar Priyo Suhartono saat membuka secara resmi Forum Group Discussion (FGD) Peran Perempuan di Dalam Penanggulangan Bencana yang digelar BPBD Kota Blitar di Lesehan President 2, Selasa (22/11/2022).

Lebih lanjut ia menyampaikan, peningkatan perempuan dalam menghadapi bencana, perlu dilakukan peningkatan kapasitas tentang mitigasi bencana yang menyeluruh terhadap perempuan agar mereka memiliki pengetahuan dan kesadaran serta keterampilan pada saat menghadapi bencana.

“Peran perempuan terkait penanggulangan bencana sangat urgen sebab memiliki kemampuan dalam hal pelayanan sosial,” jelasnya.

Dijelaskannya, peran perempuan terhadap penanggulangan bencana terdapat tiga tingkatan yakni pertama Pra-Bencana seperti melakukan sosialisasi, penyuluhan dan membersihkan lingkungan sekitar masyarakat sebelum adanya bencana.

“Selanjutnya, kedua, tanggap darurat seperti mendirikan dapur umum darurat, menyiapkan logistik dan melakukan assessment awal dan terakhir, Pasca Bencana seperti melakukan pemulihan psikologis korban dengan trauma healing,” terangnya.

Terakhir, ia mengajak kaum perempuan meningkatkan peran sertanya terlibat dalam mitigasi bencana mulai dari pemulihan, rehabilitasi sampai rekontruksi pasca bencana. (Rid/kmf/Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.