Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Sejumlah Desa di Simangambat Direndam Banjir

Loading...

Padang Lawas Utara – Akibat diguyur hujan deras beberapa hari terakhir, sejumlah titik di Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara terendam banjir.

Informasi yang dihimpun dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paluta desa yang terendam banjir antara lain di desa Pagaran Tonga, Dusun Sungai Rodang, desa Huta Baru dan desa Lakkimat.

Banjir kali ini merupakan banjir terbesar yang yang pernah terjadi. Banjir terjadi karena posisi desa tepat berada di dekat sungai Barumun sehingga wilayah ini menjadi langganan banjir tiap tahunnya.

Akibatnya, jalan menuju Simangambat terendam banjir hingga lutut orang dewasa dan puluhan rumah warga terendam banjir dengan ketinggian sekitar 60 Cm. Selain merendam rumah warga, banjir juga menggenangi rumah ibadah dan sekolah.

Kepala BPBD Paluta, Khairul Harahap melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Imran Affandi Siregar mengatakan pihaknya mencatat sebanyak 35 kepala keluarga yang terdampak banjir di Sungai Rodang.

“Hingga saat ini, kita terus berkoordinasi dengan pimpinan terkait bantuan logistik yang akan kita berikan untuk membantu korban banjir,” kata Imran, Selasa (28/4)

Terkait bantuan logistik yang akan disalurkan, Imran mengatakan berdasarkan permintaan, warga menginginkan bantuan beras dan gula.

Katanya, meskipun air sudah mulai surut, warga desa yang terdampak banjir memilih untuk tetap bertahan di rumah sambil berjaga-jaga mengantisipasi sewaktu-waktu terjadi banjir susulan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir kali ini serta tidak ada kerugian material, namun akibat banjir, warga tidak dapat beraktivitas seperti biasanya. (AYH)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.