Sejauh Mana PT. Sintong Abadi Berbuat Bagi Masyarakat Kabupaten Asahan

Medan – PT. Sintong Abadi berdiri di Dusun I Hessa Air Genting Kabupaten Asahan, dengan niat yang baik. PT. Sintong Abadi hadir untuk menyerap dan memberdayakan tenaga kerja terutama para putra-putri Kabupaten Asahan, menyumbang PAD Kabupaten Asahan.

“PT. Sintong Abadi hadir guna meningkatkan harga daya saing kelapa sawit agar petani makmur, menjadi perusahaan percontohan yang ramah lingkungan, menciptakan produk turunan CPO yang berkualitas, mengentaskan kemiskinan, bersinergi dengan seluruh elemen di Kabupaten Asahan, meningkatkan SDM/SDA masyarakat Kabupaten Asahan, membantu kesulitan air bersih bahkan perusahaan berkomitmen untuk menjaga dan melindungi lingkungan menjadikan tata ruang alam yang sehat dan bermutu,” ujar Kusli, Humas PT. Sintong Abadi, Kamis (11/4/2019).

“Dengan visi dan misi yang awalnya berniat untuk mendermakan kebaikan pasti akan ada tantangan, halangan, bahkan hambatan dari berbagai pihak manapun juga termasuk pemberitaan yang sangat menyudutkan perusahaan,” lanjut Kusli.

Pada pemberitaan yang terbit di media beberapa hari yang lampau, Minggu (7/4/2019), PT. Sintong Abadi melakukan pencemaran limbah yang diduga beracun.

“Atas pemberitaan tersebut kami pihak perusahaan ingin mengklarifikasi atas temuan rekan rekan media itu,” ungkap Humas tersebut.

Pengelolaan Limbah B3

Pewarta Media Nusantara Terkini.com, Rabu (10/4/2019) kemarin, langsung terjun ke lokasi perusahaan bersama pihak PT. Sintong Abadi.

Dalam pantauan pewarta Nusataraterkini.com yang dimulai pengolahan TBS sampai menjadi CPO, penampungan TBS, Sortiran mutu TBS hingga perebusan di ke atlet uapnya, semuanya mengacu pada standar mutu yang optimal dan maksimal, jika ditemukan TBS yang tidak memenuhi standar akan dipisahkan. Semua produksi TBS sampai menjadi CPO dan diolah menjadi produk turunan yang lulus uji labor hingga dipasarkan, semuanya dilakukan dengan pengawasan oleh yang ahlinya secara ketat.

Semua produksi PT. Sintong Abadi hingga produk turunannya menghasilkan limbah, Standard kolam limbah yang sesuai ketentuan ada 10 kolam penampungan akan tetapi PT. Sintong Abadi membuat instalasi saluran kolam limbah menjadi 11 kolam, agar limbah yang akan dibuang keluar dari pabrik dibawah standar layak buang seperti yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Baku Mutu Air Limbah.

Kolam ini berguna untuk menampung cairan-cairan yang masih mengandung minyak yang berasal dari air kondensat dan stasiun klarifikasi maka digunakan mikroba untuk menetralisir keasaman cairan limbah.

Pengasaman bertujuan agar limbah cair yang mengandung bahan organik lebih mudah mengalami Biodegradasi dalam suasana Anaerobik. Waktu penahanan Hidrolisis (WHP) limbah cair dalam kolam pengasaman ini lebih dari 5 hari.

Kemudian sebelum diolah di unit pengolahan limbah kolam Anaerobik, limbah dinetralkan terlebih dahulu dengan menambahkan kapur tohor hingga mencapai pH antara 7,0 – 7,5. Untuk mencapai standar pH yang ditetapkan oleh peraturan di Indonesia yaitu 6-9. Saat limbah berada dikolam 10, pH limbah PT. Sintong Abadi diukur menggunakan alat ukur pH meter jika telah aman dan layak buang ,limbah tersebut masuk kolam 11 dan langsung dialirkan ke bahu air (tidak langsung ke sungai).

Dari temuan warga di sekitar perusahaan beberapa hari yang lalu merupakan air hasil pengerukan bahu air yang sudah dangkal hingga tercium aroma yang tidak enak karena endapan lumpur yang dibongkar memang sangat bau dan hitam pekat.

”Tentang pengerukan parit aliran air perusahaan bertujuan untuk mengatasi penyakit demam berdarah dengan berkembangnya nyamuk demam berdarah dapat mengancam masyarakat disaat musim hujan datang,” terang Kusli selanjutnya, Kamis (11/4/2019).

Berikut ini daftar CSR dan bukti kinerja PT. Sintong Abadi :

1. Pembuatan sumur bor air bersih serta kamar mandi cuci pria/wanita sebanyak 7 titik.
2. Pembuatan tanggul sepanjang 1500 meter untuk penahan banjir yang selama ini membanjiri area masyarakat
3.Membantu pembangunan beberapa Paud beserta mobilnya.
4. Memperbaiki jalan dan jembatan untuk masyarakat.
5. Membantu pembangunan masjid ataupun mushola secara material maupun bantuan infaq masjid.
6. Membantu kegiatan perayaan hari besar segala agama tanpa membedakannya agar terjalin kerukunan umat beragama.
7. Memberikan sembako setiap tahunnya kepada masyarakat sekitar perusahaan.
8. Peduli lingkungan dan sosial masyarakat dengan selalu membantu berbuat kegiatan sosial yang diadakan
9. Setiap ada permasalahan di tengah masyarakat akan segera ditindak lanjuti sebagai prioritas.
10. Menjalin hubungan silaturahmi untuk semua elemen dengan baik saling menghormati dan saling menghargai.

Dalam pantauan media, dari peninjauan selama dua hari ke beberapa kawasan lokasi PT. Sintong Abadi, hingga berita ini diterbitkan, PT. Sintong Abadi tanpa diminta masyarakat pun telah membuat beberapa sumur bor yang airnya sangat bersih hingga bisa layak minum.

Perusahaan ini pun membangun instalasi buangan air ke sungai untuk mengatasi banjir yang selalu ditakuti masyarakat saat musim hujan datang. Dalam bidang tenaga kerja PT. Sintong Abadi memberikan kesempatan untuk putra putri asli daerah mendapatkan pekerjaan hingga sudah melebihi kapasitas karyawan yang dibutuhkan perusahaan.

PT. Sintong Abadi telah mendapatkan nama baik di hati masyarakat dalam hal yang sangat positif, jika pun ada yang berniat negatif untuk mencari kesalahan perusahaan itu, hanyalah segelintir orang saja yang kecewa karena tidak bisa bekerja di PT. Sintong Abadi.

“PT. Sintong Abadi berharap akan tetap dapat dan mampu memberikan yang terbaik dan menunjukkan kepeduliannya untuk semua elemen masyarakat Negara Republik Indonesia terutama Kabupaten Asahan – Kisaran khususnya,” tutup Humas PT. Sintong Abadi.(Dharma)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.