Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Sejarah Batu Angkek-Angkek Termasuk 11 Top Wisata Tanah Datar Yang Menjanjikan

Loading...

Tanah Datar, Sumbar: Batu Angkek-Angkek, adalah batu pendapatan, atau Batu ujian, yang bila mengangkatnya akan memberikan pertanda, akan keberhasilan atau tidaknya seseorang.

Batu Angkek-Angkek yang terletak di kampung Palagan, Nagari Tanjung, kecamatan Sungayang, kabupaten Tanah Datar, sumatra barat (Sumbar) lebih kurang 9 kilo meter, dari pusat kota Batusangkar.

Batu Ankek-Angkek ini mempunyai daya tarik tersendiri didalam 11 tempat objek wisata yang Top di Tanah datar.

Id Ahmad,(52)tahun, seorang pelancong yang berasal dari Propinsi tetangga, Pekan Baru, mengatakan, dia sudah dua kali mengangkat Batu Angkek-Angkek, yang pertama dia mengangkat,tahun 2015 lalu, dengan niat, apakah dia akan berhasil dalam berdagang, katanya.

ID, mengatakan, bahwa dia sudah membuktikan keberhasilan nya dengan usaha yang dia lakukan, dengan berdagang, alhamdulillah dengan izin allah, usahanya berhasil, unkapnya.

Dengan keberhasilan ID mengankat yang pertama, ID sekarang mengankat yang kedua di hari ini, dengan niat untuk pergi ketanah Suci, tahun depan, dengan senang hati ID Ahmat, berhasil juga mengangkat, dengan ringan.

Mudah- mudahan dengan izin allah di tahun 2021, nanti terkabul hendaknya ujar ID.

Hal senada juga dikatakan oleh Adi (27) tahun dari Lintau, dia juga sudah membuktikan dengan kelulusan dia masuk perguruan tinggi.

Adi, mengatakan, ketika saya mau masuk perguruan tinggi, kita mengangkat Batu, itu, dengan senang hati, dan gembira, batu itu diangkat dengan ringan, katanya Saat ditanya Awak media online ini, minggu, 2/8/2020.

Dengan dibantu Do’a, Adi lulus murni masuk perguruan tinggi negri, tanpa ada pertolongan ujarnya.

Sejarah mendapatkan Batu Angkek-Angkek ini,Alfi (47)tahun, yang sebagai pemilik Batu ini, sudah turunan yang ke tujuh di garis keturunan Ahli wasisnya.

Yang di awali mimpi Datuak, Badaro Kayo, di Abat ke 14 tahun masehi, Alfi mengatakan.

Datuak Bandaro Kayo, salah seorang kepala kaum dari Suku Piliang, yang di datangi oleh Syech Ahmad, yang disuruh untuk mendirikan kampung, yang sekarang dinamakan, kampung Palagan.

Pada pembangunan pertama itu terjadi peristiwa yang sangat aneh, yaitunya Gempa lokal, dan Hujan panas, selama 14 hari 14 malam.

Maka dari itu Datuak Bandaro Kayo, mengadakan rapat, dikampung Piliang, dalam suasana rapat tersebut terdengar suara gaib, yang berasal dari lobang pemancangan, bangunan.

Di lokasi itulah di temukan sebuah batu yang dikenal dengan Batu Pendapatan, dan batu itu harus dirawat sampai sekarang dan itulah yang dinamakan Batu Angkek-Angkek.

Alfi, juga mengatakan jikalau mengangkat batu ini kita harus mempunyai niat.

Kalau niat kita akan tercapai, Batu ini akan memberikan pertanda Batu itu akan ringan, ungkapnya.

tetapi kalau niat kita, tidak akan terkabul, batu itu akan terasa berat, dan bisa tidak terangkat, ujar Alfi.

Juga Alfi berpesan kepada pengunjung, jangan, terlalu dipercai, kerna membuat kita menduakan tuhan katanya.

Tapi anggaplah ini sebagai pertanda dengan pekerjaan atau niat kita akan berhasil, dan ini adalah untuk pendorong kita untuk selalu giat dalam melaksanakan pekerjaan tuturnya.(rafi)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.