Terbit : 8 November, 2019 - Jam : 18:59

Sebagian Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang Dikepung Banjir

Loading...

ACEH TAMIANG – Daerah Aliran Sungai (DAS) Tamiang, meluap. Mengepung beberapa kecamatan dikabupaten tersebut sejak empat hari lalu hingga Jumat (8/11) malam ini.

Meluapnya Sungai tamiang, akibat curah hujan yang melebihi ambang batas mengguyur kabupaten itu, mengakibatkan DAS Tamiang tak mampu menampung beban debit air yang ada.

Data yang dilansir nusantaraterkini.com, sejak tadi malam dilapangan terdeteksi beberapa kecamatan mulai terendam air, Kecamatan Tenggulun, Tamiang Hulu, Bandar Pusaka, Karang Baru, Kota Kualasimpang.

Sampai berita ini dilansir, air sungai tamiang masih mengenangi perkampungan pemukiman warga. Pergerakan air sungai menunjukan aktifitas kanaikan, hal ini dapat dilihat adanya permukaan air yang terus nengenangi sejumlah daratan pada bibir sungai.

Seperti, lapangan bola kaki kota Kualasimpang yang berjarak sekitar 60 hingga 100 meter dari Daerah Aliran Sungai (DAS), tepatnya di dusun Pahlawan Kampung Kota, Kecamatan Kota Kualasimpang, Aceh Tamiang.

Selain itu, banjir juga mengenangi kampung Suka Jadi, Kampung Dalam dan sejumlah kampung lainnya di Kecamatan Karang Baru.

Dipastikan jika sampai malam ini hujan terus menguyuri hulu sungai, dipastikan banjir kirim yang menjadi langganan dipenghujung tahun, akan malanda beberapa kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

Dari data yang dihimpun dilapangan, ada beberapa rumah warga yang sudah terendam banjir, seperti kampung Rongo, Alur Tani I dan Alur Tani II di kecamatan Tenggulun. Begitu juga dikampung Seumadam, Kebun III, Kampung Tualang, air terus merakak naik.

Manurut Khadir (60), salah seorang warga Kampung Sidodadi, bajir dipastikan akan terjadi bila malam ini hujan terus menguyur dihulu sungai.

“Bila malam ini hujan terus menguyuri hulu sungai, diprekdisikan banjir akan menghantam kabupaten ini, seperti yang terjadi pada 13 tahun silam (tahun 2006 lalu),” ujar Khaidir.

Saat ini, jelasnya lagi, sudah ada beberapa kecamatan yang sudah terendam banjir, diantaranya kecamatan kota Kualasimpang, Karang Baru, Kejuruan Muda, Rantau, Tenggulu, Tamiang Hulu, Sekrek dan Kecamatan Bandar Pusaka.

Banjir juga diketahui, telah merendam rumah warga, sejak Selasa (5/11) lalu hingga saat ini, sejumlah rumah warga dilaporkan telah terendam banjir hingga saat ini.

Seperti kampung Lubok, Kampung tenggulun dan sejumlah kampung lainnya, dinyata sudah terlebih dahulu mengalami banjir, ujar Khadir saat dijumpai dilokasi bajir.

Khaidir juga berharap, agar masyarakat untuk siaga dan waspada terhadap banjir yang kita prekdisi ada kemungkinan terjadi.

“Saya juga berharap kepada pemerintah terutama BPBD Aceh Tamiang untuk siap siaga dalam mengevakuasi warga yang nantinya terkenal bajir,” ujarnya.

Sementara kepala BPBD Aceh Tamiang Ir. Syahri saat dikonfirmasi via Telephone selulernya tidak menjawab, hal yang sama juga terjadi. Sekdakab Aceh Tamiang Basyaruddin, SH saat dihubungi tidak menggangkat telephone selulernya. (Syawaluddin)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.