Terbit : 16 Juli, 2019 - Jam : 15:07

Satgas TMMD Tegal Belajar Membuat Pakan Alternatif Kambing di Musim Kemarau

Loading...

Tegal – Manfaatkan waktu luang di sela-sela kesibukan bekerja di lokasi TMMD, anggota Satgas TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal, Kopda Joko Haryanto belajar cara membuat pakan kambing alternatif di musim kemarau Harsoyo (37), warga RT/RW. 01 Dukuh Sigerung Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal. Selasa (16/7/2019).

Dibeberkan Harsoyo yang merupakan security serta pengasuh TPQ Darul Amanah Dukuh Sigerung, yang sudah menggeluti usaha tersebut selama 3 tahun bahwa, pakan yang digunakan dibuat sendiri dengan media utama berupa dedak dan konsentrat yang dibuatnya sendiri guna menekan biaya produksi sehingga peternak tak menjual kambingnya saat masuk musim kemarau.

“Komposisi pakan yang tepat terdiri dari dedak halus 70 %, jagung giling 8,1 %, ongok 20%, kalsium 0,5% dan garam dapur 1,4%. Semua bahan cukup dicampur rata,” terangnya.

Lebih lanjut, dengan takaran pakan yang tepat maka berat kambing akan meningkat antara 9-12 kilogram selama 3 bulan. Untuk kambing usia 5 bulan adalah 2 ons konsentrat dan bisa diberikan setiap hari, sedangkan kambing yang lebih tua jumlah konsentrat dapat ditambah 0,25-0,3 kilogram/hari. Pakan ini diberikan pagi hari sebelum rumput diberikan, namun jika masih banyak hijauan maka konsentrat bisa dikurangi.

“Dengan komposisi pakan seperti ini diharapkan berat setiap kambing dapat bertambah signifikan sekitar 100 gram/hari, apalagi ditambahkan unsur protein berupa bungkil kedelai dan bungkil kelapa,” imbuhnya.

Komposisinya bisa diubah menjadi 75 % dedak halus, 6 % jagung giling, 3 % bungkil kedelai, 10 % bungkil kelapa dan sisanya terdiri dari tambahan kalsium dan garam dapur.

Berkat salah satu usahanya ini, Harsoyo mampu menghidupi keluarganya dan bagi Kopda Joko Haryanto adalah ilmu baru dari Jatimulya yang nantinya dapat dipraktekan di rumah. (Rusg-Aan)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.