Satgas TMMD Reguler ke-120 Jalin Komunikasi dengan Tokoh Masyarakat Desa Sijenggung

Banjarnegara – Dalam rangka memperkuat sinergi antara TNI dan masyarakat, anggota Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-120 dari Kodim 0704 Banjarnegara terus menjalin komunikasi dengan warga setempat. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah Komunikasi Sosial (Komsos) yang dilaksanakan oleh Peltu Shodik Agus Widodo dengan beberapa tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di Desa Sijenggung, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Minggu (02/06/24).

Di sela-sela kesibukan pembangunan fisik yang menjadi fokus TMMD, Peltu Shodik Agus Widodo menyempatkan diri untuk berkunjung ke RT 02 RW 03 Dusun Semurup. Di sana, ia bertemu dengan Supriyadi, seorang tokoh masyarakat, dan Sultoni, tokoh pemuda setempat. Pertemuan ini berlangsung dalam suasana akrab dan penuh kekeluargaan, dengan tujuan untuk mendengarkan aspirasi warga serta menyosialisasikan program TMMD yang sedang berjalan.

“Kami berusaha untuk selalu dekat dengan masyarakat. Kegiatan seperti ini sangat penting karena kami bisa langsung mendengarkan masukan dan harapan dari warga. Ini juga menjadi kesempatan bagi kami untuk menjelaskan apa saja yang sedang dan akan dilakukan oleh TMMD di desa ini,” ujar Peltu Shodik.

Dalam pertemuan tersebut, Supriyadi mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Satgas TMMD. Menurutnya, keberadaan TNI di Desa Sijenggung sangat membantu dalam percepatan pembangunan infrastruktur desa. “Kami sangat bersyukur dengan kehadiran Satgas TMMD. Banyak sekali manfaat yang kami rasakan, terutama dalam hal pembangunan jalan dan fasilitas umum lainnya. Kami berharap kerjasama ini terus berlanjut,” kata Supriyadi.

Sementara itu, Sultoni, sebagai perwakilan pemuda desa, menyampaikan harapannya agar TMMD juga fokus pada pembinaan generasi muda. “Selain pembangunan fisik, kami juga berharap ada program-program yang menyasar pemuda, seperti pelatihan keterampilan atau kegiatan olahraga. Ini penting untuk mengembangkan potensi pemuda di desa kami,” ungkap Sultoni.

Menanggapi hal tersebut, Peltu Shodik menegaskan bahwa TMMD tidak hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur, tetapi juga pada pembinaan masyarakat, termasuk generasi muda. “Kami memahami pentingnya peran pemuda dalam pembangunan desa. Oleh karena itu, kami juga akan mengupayakan adanya program-program yang dapat memberdayakan pemuda di sini. Kami ingin mereka bisa ikut serta aktif dalam pembangunan desa,” tambahnya.

Selain kegiatan Komsos, TMMD Reguler ke-120 di Desa Sijenggung juga melaksanakan berbagai proyek pembangunan lainnya, seperti pembangunan jalan, renovasi rumah tidak layak huni, dan penyuluhan kesehatan. Semua kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan memperkuat kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

Dandim 0704/Banjarnegara, Letkol CZI Teguh Prasetyanto, S.T., yang juga selaku Dansatgas TMMD, menekankan pentingnya keterlibatan aktif masyarakat dalam setiap kegiatan TMMD. “Kami ingin setiap program yang kami jalankan bisa benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Oleh karena itu, kami selalu mengajak masyarakat untuk ikut serta aktif dalam setiap kegiatan, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan Komsos ini, diharapkan hubungan antara TNI dan masyarakat Desa Sijenggung semakin erat. Kolaborasi yang baik antara Satgas TMMD dan warga desa menjadi kunci suksesnya pelaksanaan program-program pembangunan yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Melalui semangat gotong royong dan kebersamaan, TMMD Reguler ke-120 di Desa Sijenggung diharapkan dapat membawa perubahan positif dan berkelanjutan bagi masyarakat. Desa Sijenggung, dengan dukungan penuh dari TNI dan partisipasi aktif warganya, berpotensi menjadi contoh sukses dari program TMMD yang mengedepankan sinergi antara TNI dan rakyat untuk kemajuan bersama.(Pendimbna).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.