Satgas 121/MK Lakukan Patroli Patok Perbatasan RI-PNG

NusantaraTerkini.Com, Papua – Satgas Yonif 121/MK dibawah pimpinan Wakil Komandan Satgas (Wadansatgas) Yonif 121/Macan Kumbang Mayor Inf Indra Rukmana dengan membawa 10 anggotanya pada 24 hingga 25 Juli 2018 melaksanakan patroli ke Patok MM 4.2 yang berada di Kampung Yabanda Distrik Senggi Papua.

“Jarak antara Pos TNI ke Patok MM 4.2 jika dilihat di peta dengan menarik garis lurus hanya berkisar 9 KM. Namun setelah dijalani jarak tersebut hampir dua kali lipat jauhnya dikarenakan keadaan geografisnya yang terjal dan berbelok-belok di dalam hutan belantara,” Wadansatgas Indra Rukmana, Kamis (26/7).

Satgas Yonif 121/MK yang selain bertugas sebagai pasukan pengamanan Perbatasan Negara antara RI dan Papua Nugini juga bertugas memastikan bahwa patok-patok batas negara tersebut tetap ada dan aman.

Di wilayah tanggung jawabnya Satgas Yonif 121/MK yang bertugas di Kabupaten Keerom Papua, dimana memiliki 3 patok batas negara.

“Untuk memastikan patok-patok MM batas negara tersebut tetap ada dan aman pada posisinya, tugas Pasukan Pengamanan Perbatasan Negara secara rutin dan berkala melaksanakan patroli ke patok-patok tersebut. Dan setelah melaksanakan perjalanana berjam-jam Tim patroli akhirnya tiba di patok MM 4.2 dalam keadaan aman dan pada posisinya seperti keadaan sebelumnya pada patroli terdahulu,” ujarnya lagi.

Setelah melakukan pembersihan di sekitar patok, selanjutnya tim patroli mengecek koordinat Patok MM 4.2 untuk memastikan tidak ada perubahan koordinat patok tersebut.

Meridian Monumen (MM) atau inisial yang diberikan antara kedua negara yang berbatasan dan menjadi patok-patok batas negara tersebut terdiri dari beberapa patok MM dari Jayapura hingga Merauke.

Satgas Yonif 121/MK sendiri bertannggung jawab atas wilayahnya MM 4.A, MM 4.1 dan MM 4.2. (FNW)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.