Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Sambut New Normal, Pemkab Jember Keluarkan Aturan Operasional Pasar Dan Mall

Loading...

Jember, Jatim – Sejak kemarin seluruh Pasar Tradisional dan dan Pusat Perbelanjaan atau Mall sudah dibuka kembali.Sebelumnya selama sepekan, Pemerintah Kabupaten Jember telah menginstruksikan untuk ditutup, guna mencegah penyebaran Covid-19. Sabtu (30/5).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember Gatot Triyono melalui sebaran whatsapp kepada wartawan menyampaikan, kini Pemerintah mengeluarkan aturan protokol kesehatan terkait operasional Pasar Tradisional dan Mall dengan tatanan era kehidupan baru (new normal) ditengah Pandemi Corona, yakni Protokol Kesehatan Pasar dan Mall Aman untuk pencegahan penularan Covid-19.

Aturan protokol kesehatan transisi pasar aman untuk pencegahan penularan covid-19, Gatot menjelaskan, masuk dan keluar pasar wajib cuci tangan.”Pengunjung pasar wajib cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, ” ujar Gatot dalam isi sebaran whatsapp.

Pedagang wajib bermasker dan face shield (pelindung wajah).Pedagang wajib bermasker dan face shield saat berada di lingkungan pasar.

“Pedagang sehat.Pedagang dengan hasil rapid reaktif dilarang berjualan sampai dinyatakan negatif dan sehat,” lanjutnya.

Lalu Pengunjung bermasker.Pengunjung pasar wajib bermasker saat berada dilingkungan pasar.

“Jaga jarak aman dan ikuti alur satu arah, mengatur jarak antar pedagang /pengunjung minimal 1 meter dan pengunjung ikuti alur satu arah, ” tambah Gatot.

Selain itu Larangan balita.Pengunjung dilarang membawa balita karena rentan terpapar covid-19.

Terkait protokol kesehatan transisi mall aman untuk pencegahan penularan covid-19, sambungnya, masuk keluar mall wajib cuci tangan.Pengunjung mall wajib cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

Larangan balita.Pengunjung dilarang membawa balita karena rentan terpapar covid-19.

“Jaga jarak aman dan ikuti alur satu arah.Mengatur jarak antrian kasir serta tempat duduk minimal 1 meter dan pengunjung ikuti alur satu arah, ” ujarnya.

Selanjutnya, pengunjung bermasker.Pengunjung mall wajib bermasker saat berada di lingkungan mall, bagi yang tidak bermasker dilarang masuk.

“Karyawan wajib bermasker,
face shield dan sarung tangan.Semua petugas layanan, kasir dan satpam mall wajib bermasker, face shield dan sarung tangan saat berada di lingkungan mall, ” kata Gatot.

Kemudian pengecekan suhu tubuh di pintu masuk mall.Pengunjung dan karyawan wajib melewati pos pengecekan suhu tubuh. Pengunjung dengan suhu tubuh diatas 37,5 derajat dilarang masuk.

“Mari hidup dengan kelaziman baru untuk tetap sehat dan produktif, ” Ajak Gatot. (tahrir)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.