Sambut Hari Sumpah Pemuda, Cipayung Papua Gelar Sejumah Aksi

NusantaraTerkini.Com, Papua –Sambut Hari Sumpah Pemuda yang Ke-90 Tahun, sejumlah organisasi pemuda yang tergabung dalam kelompok Cipayung Papua gelar berbagai aksi damai.

Ada 3 kegiatan yang dilakukan yaitu, aksi damai pada malam hari 26 Oktober 2018, sementara 27 Oktober pagi mereka melakukan bakti sosial di seputaran Kali Acai dan hari puncaknya 28 Oktober (hari ini – Red) dilakukan panel diskusi.

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang juga tergabung di dalamnya ikut menyukseskan kegiatan tersebut.

Ketua Umum HMI Cabang Jayapura Hariyanto Rumagia mengatakan, momentum sumpah pemuda yang ke – 90 ini merupakan momen dimana pemuda Indonesia merayakan hari yang sudah dinantikan pemuda.

“Tetapi juga pada kesempatan ini kami mengambil tema Refleksi Peran Pemuda di Tanah Papua selama 90 Tahun berlansung,” Ungkapnya.

Kata dia, perayaan sumpah pemuda tahun ini pihaknya ingin menunjukan bahwa kondisi yang memprihatinkan yang di alami bangsa hari ini adalah bentuk refleksi demi menunjukan semangat serta optimisme pemuda dalam kebangkitan menuju peradaban manusia dan pembangunan bangsa kedepan.

“Dari rentetan masalah yang di hadapi bangsa terutama pemuda hari ini adalah bukan untuk kelemahkan pemuda melainkan membarakan api semangat pemuda untuk berkomitmen membangun bangsa dengan kreatifitas dan inovatif yang terbaik,” tambahnya.

Sementara Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Jayapura Viktor Tibul mengharapkan pemuda mesti menjadi pelopor peradaban dalam mengawal masalah-masalah sosial kemasyarakatan yang terjadi di tanah Papua hari ini.

Senada dengan itu Jemris Wafon Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Cenderawasih (UNCEN) mengatakan, ia ingin menunjuk pemuda saat ini tetap solid dalam mengawal kehidupan bangsa.

“Tetapi juga kami bertanggung jawab mengawal pemuda yang lain untuk bersama-sama mengawal pembangunan bangsa tercinta ini,” ujarnya. (Fn)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.