Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Sambut Bulan Ramadhan, NNB Sosopan Bersihkan TPU

Loading...

Padang Lawas Utara – Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1441 H, Naposo Nauli Bulung (NNB) desa Sosopan, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) bersihkan tempat pemakaman umum (TPU) di desa setempat, Minggu (19/4).

Dengan peralatan sederhana seperti mesin pemotong rumput, cangkul, parang dan sapu lidi anggota NNB Sosopan bergotong royong mulai dari memotong tumbuhan liar, mengumpulkan dedaunan kering di sekitar pemakaman selanjutnya dikumpulkan dan kemudian dibakar.

“Kegiatan ini sudah menjadi rutinitas atau tradisi kita saat menyambut bulan puasa tiba,” kata ketua NNB Sosopan, Solahuddin Siregar.

Gotong royong membersihkan lingkungan pemakaman atau kuburan ini sebut ketua NNB juga merupakan salah satu kearifan lokal yang sudah turun temurun dilakukan di Paluta saat menyambut datangnya bulan penuh Rahmat ini.

Dijelaskannya, ada tiga lokasi tempat pemakaman umum di desa Sosopan yang masing-masing TPU seluas lebih kurang 2500 meter persegi.

Selain membersihkan tempat pemakaman umum, ujar Solahuddin, ia bersama anggota NNB lainnya juga membersihkan tempat ibadah seperti surau dan masjid.

“Semoga dengan kegiatan gotong royong ini bisa menjadi kebiasaan kita untuk selalu hidup bersih di lingkungan kita tinggal, apalagi kebersihan kan sebagian dari Iman,” pungkasnya. (AYH)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.