Salut, Pembangkit listrik Karya Satgas TNI Terangi Rumah Kampung Kriko Papua

NusantaraTerkini.Com, Papua – Setelah menciptakan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di pedalam Papua, tepatnya di Kampung Kriko, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom. Satgas 501 Para Raider Kostrad kembali mengembangkan pembangkit listrik dengan bertenaga Dinamo.

Dansatgas Yonif Para Raider 501 Kostrad, Letkol Inf. Eko Antoni Chandra mengatakan kincir air yang dibuat Satgas sebelumnya baru menghasilkan daya sebesar 1.000 watt dan mampu menerangi 2 fasilitas umum serta 3 rumah warga Kampung.

“Hasil yang telah dicapai dinilai masih sangat kurang, mengingat di Kampung Kriko sendiri terdapat 35 rumah yang membutuhkan penerangan. Jadi kami coba kembangkan lagi,” jelas Dansatgas Antoni Chandra, Sabtu (29/9).

Disampaikan, Personel Pos Pitewi mengembangkan hasil yang telah dicapai dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Dinamo. Pembangkit Listrik Tenaga Dinamo ini menggunakan Aki, Dinamo, Generator, dan Inverter.

Arus listrik yang dihasilkan oleh Generator sebagian digunakan untuk mencharge Aki, sebagian lagi dialirkan ke rumah-rumah warga.

” Saat ini Kampung Kriko telah memiliki 2 alat Pembangkit listrik yang mampu menghasilkan energi listrik sebesar 2.000 watt, dan ada sebanyak 14 rumah di Kampung Kriko dapat menikmati listrik,” kata Dansatgas lagi.

Keunggulan dari Pembangkit Listrik Tenaga Dinamo ini adalah tidak memerlukan Bahan Bakar Minyak (BBM) seperti bensin atau solar.

Karena energi listrik yang dihasilkan oleh Generator tersebut sebagian digunakan untuk mencharge Aki. Sehingga warga Kampung Kriko tidak terbebani untuk membeli BBM.

Meskin begitu, untuk menerangi seluruh kampung, pihaknya akan terus berupaya semaksimal mungkin.

“Disisa waktu yang ada, kami akan berupaya agar seluruh Warga Kampung Kriko bisa menikmati listrik di rumah-rumah mereka”, ujar Dansatgas.

Saat ini, Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad tengah menyiapkan dan mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Dinamo dengan daya 2.000 watt.

Diharapkan dengan total daya sebesar 4.000 watt mampu menerangi seluruh rumah rumah Warga di Kampung Kriko. (FNW)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.