Terbit : 11 Oktober, 2019 - Jam : 21:23

Salah Satu Kendala Pekerjaan Pembangunan Jalan TMMD Reguler Cilacap Teratasi

Loading...

Cilacap – Tidak ada yang tak mungkin selesai jika suatu pekerjaan dilakukan dengan bergotong royong. Seperti contoh di lokasi TMMD Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap, Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sebagai prajurit TNI yang ditugaskan sebagai Satgas TMMD, mereka dituntut mampu berimprovisasi untuk mengatasi setiap kendala yang mereka hadapi di lapangan kerja. Dan ini benar-benar terjadi, mereka memindahkan wales/tandem roller dari titik rendah makadam yang sedang dibangun sepanjang 450 meter lebar 2,5 meter, menuju titik pemadatan yang lebih tinggi hanya dengan menggunakan seutas tali.

Bayangkan, wales yang biasa disebut “slender” dalam bahasa Jawa itu, memiliki beban berton-ton atau tonase berat. Cara ini harus dilakukan karena roda mesin yang halus tak mampu menanjak tanjakan di salah satu titik makadam.

Tampak pemandangan menakjubkan tatkala personil Satgas TMMD asal kesatuan Yonif 405 Surya Kusuma, melakukannya terhadap mesin yang kesemuanya besi baja. Kamis (10/10/2019).

Dibenarkan Danramil setempat, Koramil 02 Jeruklegi, Kapten Infanteri Suwanto, bahwa hanya dengan semangat dan kerjasamalah dan sedikit improvisasi tali, akhirnya mereka mampu melakukan pekerjaan yang sangat berat. (Pendim Cilacap/Aan)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.