Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

RSUD M Yunus Siapkan Posko Konsultasi Covid-19

Loading...

BENGKULU – Rumah Sakit Umum dr M Yunus Bengkulu menyiapkan posko antisipasi Covid-19 (Corona) di halaman RSUD. Posko ini berfungsi untuk mengedukasi, melakukan skrining dan melayani konsultasi gratis bagi masyarakat, terkait penyakit yang disebabkan oleh virus Corona.

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri mengatakan, saat ini virus Corona belum masuk ke wilayah Bengkulu. Namun jika ada yang merasa ragu dengan kondisi kesehatan atau setelah bepergian ke luar daerah, masyarakat dapat berkonsultasi dengan dokter yang ada di posko antisipasi.

“Kalau ada masyarakat Bengkulu yang merasa, atau tidak enak badan, dan menyulut suatu keraguan, kita persilahkan untuk konsultasi. Posko ini kita fungsikan bagi masyarakat Bengkulu untuk melakukan konsultasi dan mendapatkan informasi sejelas mungkin apa itu virus Corona,” katanya saat konferensi pers di halaman RSUD M Yunus, Rabu sore (18/3/2020).

Di posko ini, RSUD M Yunus menyiapkan dua dokter jaga. Masyarakat yang ingin berkonsultasi dapat langsung menuju posko setiap hari kerja mulai dari pukul 8.00-16.00 wib. Sementara pada hari libur, pelayanan terkait virus corona dialihkan ke IGD.

Direktur RSUD M Yunus, dr. Zulki Maulub Ritonga mengatakan, masyarakat yang berkonsultasi nantinya akan dibedakan menjadi kriteria Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Kedua kriteria ini ditentukan dari hasil skrining yang dilakukan posko antisipasi. Jika tidak ditemukan dua kriteria tersebut, masyarakat yang berkonsultasi hanya diminta untuk beristirahat.

“Nanti kita skrining, kalau flu biasa kita minta istirahat. ODP kita akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan untuk dipantau sekaligus pemeriksaan di tempat. Tapi jika sudah masuk ke dalam Pasien Dengan Pengawasan itu harus rawat inap di rumah sakit,” katanya.

dr. Zulki menambahkan, saat ini untuk kategori Orang Dalam Pemantauan di RSUD M Yunus berjumlah empat orang.

“Hari ini tadi ada satu yang masuk kategori untuk kita pantau. Nanti kita koordinasi dengan dinas kesehatan,” demikian dr. Zulki. (Red/Adv)

Untuk informasi, konsultasi dan pelaporan Covid-19 dapat menghubungi nomor : 0852 8379 8200,
RSUD : 0811 711 309

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.