RSUD M Yunus Kini Punya Alat Pemecah Bantu Ginjal Tanpa Operasi

Loading...

Bengkulu – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M.Yunus memiliki Pelayanan baru yaitu Extracorporeal Shock Wave lithotripsy (ESWL) yang berguna untuk memecahkan batu ginjal tanpa operasi.

“Ini namanya Extracorporeal Shock Wave lithotripsy (ESWL) fungsinya untuk memecahkan batu ginjal cetak jadi kalo dulu ada batu ginjal kita harus operasi buka kalo tidak nanti ginjalnya rusak. Nah sekarang dengan alat ini maka dengan menggunakan gelombang elektroson itu bisa memecahkan batu cetak yang ada di ginjal,” kata Dokter Ismir Fahri Wakil Direktur RSMY Kota Bengkulu.

Ismir juga menambahkan bahwa alat ini sudah mulai bisa digunakan sejak Februari. Alat ini bisa melakukan tembakan sebanyak 3000 dalam waktu yang sebentar.

“Ini ada dua Dokter Urologi dengan timnya dan pada saat ini seperti yang sudah dijelaskan oleh Dokter speasialis yaitu dokter Bahri gelombang yang bisa di tembak sampai 3000 tembakan dalam 50 menit jadi waktu untuk meretakkan batu itu rata – rata 50 menit dan ketika nanti batu itu pecah dia akan membentuk pasir – pasir yang akan keluar dengan sendirinya melalui air seni,” ujar Ismir, Kamis (13/2/2020).

Ismir menyebutkan jika alat ini sangat menghemat waktu dan tidak menimbulkan rasa nyeri sehingga pasien bisa nyaman dan bisa Rawat Jalan serta tindakan canggih ini juga bisa dilakukan BPJS.

Lanjutnya, alat ini juga bisa sangat membantu masyarakat karena kalo biaya yang di keluarkan bisa menjadi 8 juta untuk sekali tindakan yang di lakukan ini dalam sehari bisa 4 pasien yang di tangani. (Silpah)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.