Rohidin: Pendidikan Bisa Dikatakan Sempurna Jika Dilengkapi Dengan Soft Skill

NusantaraTerkini.Com, Bengkulu – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah inginkan Prestasi pelajar tingkat SMA/SMK se- Provinsi Bengkulu disempurnakan dengan potensi soft skill setiap pelajar.

Disampaikan Rohidin, pendidikan bisa dikatakan sempurna jika dilengkapi oleh potensi soft skill. Prestasi akademik saja tidak cukup, karena untuk menjadi pemenang sangat dibutuhkan kemampuan dari dalam diri seperti kemampuan berkomunikasi dan sebagainya.

“Prestasi akademik ini penting tetapi tidak semuanya menyelesaikan persoalan. Di perguruan- perguruan tinggi sekarang mulai dibuka ruang kepada anak- anak potensial terhadap aspek- aspek soft skill termasuk bidang-bidang non akademik dan prestasi itu jangan salah, itu bisa membanggakan dan bisa memberikan manfaat yang besar,” ungkap Rohidin, Kamis (31/5/18).

Potensi pelajar untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri terbaik akan lebih baik jika diikuti oleh kemampuan dari individu itu sendiri, seperti kemandirian, kreativitas, inovatif, berkomunikasi, dan kemampuan menghadapi masalah.

“Itu penting sekali dan tidak ada kurikulumnya. Maka dari itu harus dilatih tidak hanya di sekolah, tetapi di rumah serta lingkungan masyarakat dan harus ada peran- peran seperti itu,” jelasnya.

“Bicara akademik dalam proses studi, peraih nilai tertinggi IPA, IPS, dan BAHASA oleh SMA. Peraih 10 besar terbaik oleh SMK, peraih nilai sempurna beberapa mata pelajaran oleh 4 orang,” kata Rohidin.

Dirinya juga mengatakan prestasi seperti itu pasti melalui perjalanan panjang, tidak akan ada yang bisa mencapai prestasi tersebut jika sekolahnya asal-asalan. Ia juga menegaskan pasti selama menjalani pendidikan di tingkat sekolah menengah ada kesungguhan yang luar biasa untuk mendapatkan prestasi seperti itu dari pelajar.

Rohidin juga mengucapkan selamat kepada pelajar yang beprsestasi tersebut.

“Maka dari itu selamat untuk anak-anakku atas prestasi yang telah diraih,” ujar Rohidin. (Nindri)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.