Ribuan Guru LP Ma’arif Kencong Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Jember, Nusantaraterkini.com- Badan Perlindungan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Jember melakukan penandatanganan kerja sama (MoU) antara Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) Cabang Kencong.

Kerjasama perihal keikutsertaan dalam program perlindungan jaminan kesehatan bagi tenaga Guru, di lingkungan lembaga sekolah di bawah naungan LP Ma’arif Kencong.

Selain dihadiri pengurus dan ketua LP Ma’arif Kencong serta kepala BPJS Cabang Jember beserta jajarannya, MoU kali ini juga dihadiri oleh seluruh Kepala Sekolah di lingkungan LP Ma’arif Kencong, mulai Sekolah tingkat Dasar hingga tingkat Atas, yakni Sekolah SD, Madrasah, SMP, MTS , Aliyah dan SMA.

Kegiatan yang baru pertama kali ini LP Ma’arif Kencong menjalin kerjasama dengan pihak lain, dilaksanakan di Aula Dira Park And Shopping Center Kencong pada Jumat sore.(20/03/21).

 

Ketua LP Ma’arif Cabang Kencong H.Nurhalim menyambut baik kegiatan MoU ini, sebab pihaknya berkeinginan melindungi para tenaga Guru di lingkungan lembaga yang Ia ketuai saat ini, dengan mendaftarkan mereka menjadi peserta asuransi kesehatan di BPJS Ketenagakerjaan.

Ia juga mengapresiasi antusiasme para undangan yang hadir.Terbukti dari 108 Kepala Sekolah yang diundang tingkat kehadiran mencapai 90 persen.Tidak hanya itu, mereka dalam mengikuti sosialisasi yang dipaparkan kepala BPJS maupun petugas, semangatnya juga luar biasa.
.

“Sementara ini programnya hanya para Guru dan Tenaga Kependidikan diharapkan semua ikut menjadi anggota BPJS tenaga kerja, ” Kata Halim.

Selain sasaran kepada 2300 Guru, Ia berencana, kedepan akan mengikut sertakan seluruh Pengurus Sekolah, Lembaga Komite Sekolah dan nanti wali murid juga menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Halim menambahkan, dengan ikut menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, bisa menjamin tentang kesehatan dari para Guru.

“Merasa tenang kalau ada sesuatu masalah dengan kesehatan, ” tuturnya.

 

Ditempat yang sama, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember Edy Suryono usai kegiatan menyampaikan, penandatanganan MoU antara BPJS ketenagakerjaan dengan LP Ma’arif Cabang Kencong, terkait dengan perlindungan bagi Guru di lingkungan LP Ma’arif, mereka akan dimasukkan sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan sesuai dengan aturan yang ada.

“Ditingkat pusat NU sudah melakukan MoU, dan ini ditindaklanjuti dengan yang tingkat bawah, ” katanya.

Perlindungan ketenagakerjaan, terang Edy, sejatinya suatu keharusan.Hal ini seperti diatur dalam UU no 24 tahun 2011 yang berbunyi, siapa pun yang bekerja itu wajib ikut BPJS Ketenagakerjaan.

Ia menambahkan, menjadi peserta BPJS merasa penting karena memberikan 4 program perlindungan, yaitu Jaminan Kesehatan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian dan Pensiun.Katanya, keempatnya diupayakan diikuti meski harus bertahap.

Para pelaku usaha termasuk masyarakat yang bekerja itu salah satu target BPJS.Bukan hanya lembaga Sekolah Swasta, Sekolah Negeri juga tidak luput dari target BPJS.

“Artinya seluruh masyarakat di kabupaten Jember itu sudah terlindungi BPJS ketenagakerjaan, ” imbuhnya. (Tahrir)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.