Respon Aspirasi Nakes, Berikut Penjelasan RSUD M. Yunus

Bengkulu, Nusantaraterkini.com- Menanggapi aspirasi beberapa orang tenaga kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah M. Yunus Provinsi Bengkulu, Senin (08/02) terkait permasalahan Gaji Tenaga Non PNS, dan intensif nakes yang menangani Covid-19, Direktur RSMY, dr. Zulkimaulub Ritonga memberikan penjelasan resminya.

“Gaji tenaga non PNS sudah dibayar sampai dengan bulan Januari 2021, sesuai mekanisme yang berlaku, sementara untuk nakes yang menangani pasien Covid-19 yang dananya bersumber dari kementerian kesehatan, sudah dibayarkan untuk bulan Maret sampai dengan Mei, sementara untuk Juni sampai dengan Desember 2020, masih dalam proses pencairan oleh Dinkes Provinsi dan BPKD Provinsi.” Terang dr. Zulki.

Masih Menurut dr. Zulki, untuk tenaga kesehatan yang berstatus PNS, semua gaji sudah dibayarkan, sementara untuk jasa pelayanan nakes yang bersumber dari pasien covid masih menunggu proses dari kemenkes yang dibayarkan ke RSMY, saat ini Kemenkes baru membayar sekitar 50 persen dari total pengajuan, jadi kita harus bersabar mengingat proses pencairan harus melalui tahapan-tahapan administrasi yang diatur oleh peraturan kemenkes tentang pengajuan pembiayaan pasien covid-19.

“Sementara Untuk jasa pelayanan yang bersumber dari klaim BPJS yang belum dibayarkan hanya dibulan Oktober, jasa pelayanan yang belum dibayarkan akan segera dibayar ketika dana tersedia, sedangkan Untuk Jasa pelayanan yang bersumber dari klaim BPJS bulan November dan Desember Belum bisa dihitung karena belum ada persetujuan klaim dari BPJS.” Tutup dr. Zulki.

Diketahui sebelumnya pihak manajemen melalui kepala ruangan masing-masing telah mengundang nakes dan karyawan RSUD non nakes untuk menyampaikan informasi dan aspirasi dengan cara bertemu langsung manajemen dan dewan pengawas, sayangnya karyawan dan nakes yang diundang tidak datang. Padahal manajemen bermaksud agar penyampaian aspirasi dapat lebih efiktiv, sekaligus menghindari kerumunan orang di masa pandemi. RSUD meniadakan kegiatan apel pagi atau rapat yang mengundang karyawan dalam jumlah banyak sebagai adaptasi kebiasaan baru. (TIM/ADV)

Rekomendasi

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.