Reses di Blitar, Gus Tamim Serap Aspirasi Soal Peningkatan Mutu Kualitas Lembaga TPQ

NUSANTARATERKINI.COM, BLITAR – Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur dari Fraksi PKB, Ahmad Tamim, SHi, MH menyerap aspirasi tentang peningkatan mutu dan kualitas Lembaga Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ).

Sejumlah aspirasi itu mengemuka pada saat Ahmad Tamim melaksanakan masa Reses I 2024 di daerah pemilihan (Dapil), bertempat di Graha NU Blitar, Sabtu (27/01).

Kali ini, Anggota DPRD Jatim Dapil VII Ahmad Tamim bertemu tatap muka dan menyerap aspirasi para konstituen yang rata-rata dihadiri Ustadz-ustadzah dari lembaga TPQ.

“Dari aspirasi yang masuk, kami mempunyai tanggungjawab bagaimana pemerintah provinsi bisa hadir ke TPQ ini,” kata Ahmad Tamim yang biasa disapa Gus Tamim.

Sambungnya menyampaikan, aspirasi salah satunya yakni peningkatan mutu kualitas ustadz – ustadzah, seiring berjalannya waktu mereka harus aktual sesuai era dan zamannya.

“Maka, pemerintah provinsi bisa memfasilitasi dalam bentuk bimbingan teknis, workshop, lokakarya dan sebagainya,” jelasnya.

Ia juga akan mendorong pemerintah daerah untuk memberikan insentif kepada lembaga TPQ agar menjadi standart, sehingga nantinya pemda akan tahu persis berapa total TPQ dan jumlah ustadz-ustadzah di Blitar Raya.

“Ini sangat penting untuk dokumen daerah, jika dokumen daerah sudah terwujud, apalagi ada SK kepala daerah, sehingga bisa dijadikan dasar provinsi untuk memfasilitasi hal-hal terkait peningkatan mutu kualitas lembaga dan ustadz-ustadzah,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, saat ini lembaga-lembaga TPQ di daerah sejatinya mandiri, mereka adalah pendidikan yang autentik yang bergerak dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat.

“Kami terus akan berupaya dan mendorong pemerintah daerah untuk memberikan insentif kepada lembaga TPQ agar menjadi standart,” imbuhnya. (Rd)

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.