Terbit : 8 Oktober, 2019 - Jam : 23:15

Rekonstruksi Rumah Buruh Di Cilibang Cilacap, Pengecoran Sloof Dan Pasang Kolom Praktis

Loading...

Cilacap – Satu diantara 20 unit rumah warga kurang mampu yang mendapatkan program bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, adalah Nadir (53) buruh serabutan RT. 04 RW. 02 Dusun Kalirau.

Pekerjaan dilakukan oleh anggota Satgas TMMD Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap bersama tukang dari warga setempat, adalah pengecoran sloof melalui cetakan beton/bekisting, pasca pembuatan pondasi. Senin (7/10/2019).

Dijelaskan Perwira Seksi teritorial (Pasiter) Kodim selaku koordinator pekerjaan lapangan, Kapten Infanteri Suwanto, bahwa pengecoran sloof juga dibarengi dengan pemasangan kolom praktis dengan jarak 3–4 meter sesuai kebutuhan dinding.

“Kolom praktis berfungsi untuk memperkuat dinding agar lebih kokoh, stabil dan meminimalisir terjadinya keretakan dinding saat terjadi gempa,” ucapnya.

Dijelaskannya lanjut, ukuran dari kolom praktis yang dipasang disesuaikan dengan lebar batu bata yang dipasang, sehingga struktur kolom ini tidak terlihat jika dinding sudah diplester dan tidak mengganggu estetika.

Tampak sinergi antara anggota Satgas TMMD dengan warga setempat dalam melangsir spesi pembangunan rumah Nadir.

Sementara Nadir menyatakan bahwa, pembangunan rumahnya memang sangat meringankan dirinya. Untuk itu dia berharap program serupa dapat terus berjalan dan ditambah jumlahnya untuk membantu warga kurang mampu lainnya di Cilibang. (Pendim Cilacap/Aan)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.