Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Redistribusi Tanah di Tujuh Desa Tuntas, Bupati Apresiasi BPN

Loading...

Sekadau – Sebanyak 5166 sertifikat redisribusi tanah di Kecamatan Nanga Taman dibagikan secara simbolis oleh Bupati Sekadau, Rupinus serta  Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sekadau kepada tujuh desa di Nanga Taman, Rabu (12/2/2020).

Desa yang menerima program sertifikat redistribusi tanah yakni Desa Pantok, Desa Lubuk Tajau, Nanga Mentukak, Nanga Taman, Desa Rirang Jati, Desa Sei Lawak dan Desa Meragun.

Bupati Sekadau, Rupinus menyampaikan redistribusi tanah memiliki banyak tujuan, satu diantaranya untuk menghilangkan ketimpangan penguasa tanah oleh masyarakat.

Redistribusi adalah pembagian tanah-tanah yang dikuasai oleh negara pada para petani penggarap yang memenuhi syarat dalam Peraturan Pemerintah No 224 Tahun 1961 tentang pelaksanaan pembagian tanah dan pemberian ganti kerugian.

“Pemerintah memberikan kesempatan yang sama bagi warga negara untuk memiliki hak atas tanah, mendapatkan manfaat dan hasil dari tanah tersebut untuk kesejahteraan hidupnya,” jelas Rupinus.

Di tahun 2018 redistribusi dilaksanakan di Kecamatan Sekadau Hulu dan Kecamatan Nanga Mahap. Sedangkan di tahun 2019 ada tiga kecamatan yang mendapatkan retribusi tanah, yakni Kecamatan Sekadau hilir, Sekadau Hulu, dan Nanga Taman. Sedangkan rencana Kegiatan Redistribusi Tanah untuk tahun 2020 ini sebanyak 10.000 bidang.

“Apresiasi kami sampaikan kepada Kementerian ATR/BPN Kantor Pertanahan Kabupaten Sekadau dimana minimnya personil tenaga ukur dengan banyaknya program dan beban kerja yang berat dapat memenuhi target yang sudah ditentukan dan bekerja semaksimal mungkin sehingga tercapainya target redistribusi tanah tahun anggaran 2019,” papar Bupati Rupinus.

Ia berharap kepada masyarakatnya agar tidak memperjual belikan sertifikat tanah dengan cara yang salah.

“Kita bisa menggadainya untuk modal usaha, bukan memperjual belikannya,” pesannya. (jr)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.