Terbit : 28 September, 2019 - Jam : 20:11

Ratusan Pelajar Di Tanjung Brebes Outbound Militer Perkemahan Blok

Loading...

Brebes – Jiwa patriotisme pahlawan dalam mempertahankan setiap jengkal tanah NKRI, perlu diregenerasi, sehingga kecintaan terhadap tanah air akan tertanam sejak dini.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya atau pejuang pendiri bangsa. Tugas menjaga kedaulatan NKRI merupakan tugas seluruh warga Indonesia, jadi tentara Indonesia adalah 167 juta jiwa kecuali Balita, dan akan siap mengangkat senjata jika Ibu Pertiwi dijajah.

Sikap inilah yang coba ditanamkan oleh anggota Koramil 04 Tanjung Kodim 0713 Brebes, kepada ratusan siswa dan siswi SMAN 1 Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dalam kegiatan perkemahan blok kepada murid tingkat Bantara Gugus Depan kelas XI, yang dilaksanakan satu hari satu malam (27-28/19).

Dibenarkan Danramil, Kapten Infanteri Muhtadi, bahwa pihaknya mendapatkan amanah dari Kepala Sekolah, untuk memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) modul Pancasila, aplikasi Belneg (Bela Negara) dan kejuangan, dan pembentukan sikap/karakter kedisiplinan melalui PBB, PPM dan LTUB.

Sebelum memulai materi Wasbang, mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan dirigen guru pembimbing.

“Kami memberikan materi outbond militer meliputi pengenalan tali tubuh dan tali jiwa, lempar pisau/kapak, melintasi tali satu dengan rayapan, lintasan petak jingkat, meniti jembatan tali dua dan merayap. Selain itu juga diajarkan materi kebersamaan dengan water estafet,” ucapnya kepada Jurnalis Nusantara Terkini.Com, Sabtu (28/9/2019).

Sementara Kepala Sekolah, Ujang Dirman, M.Pd, menyatakan terima kasih atas pembinaan dan pendampingan 426 orang anak didiknya, yang meliputi putra 15 sangga (151 orang) dan putri 25 sangga (275 orang). (Aan/Red)

Rekomendasi

1 Komen
  1. Meilin Affrida berkata

    Alhamdulillah, kegiatannya sangat seru semoga bisa bermanfaat ilmunya tidak hanya saat perkemahan blok saja tapi bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari 🙂

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.