Ratusan Buruh Sarbumusi Jember Unjuk Rasa

Jember, Nusantaraterkini.com- Ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Muslim Indonesia (Sarbumusi) Jember melakukan unjuk rasa di depan gudang milik PT Borwita Citra Prima (BCP) Desa Wirowongso Kecamatan Ajung.Mereka datang berbondong-bondong dengan menaiki truk bak terbuka dan sebagian naik sepeda motor. 

Unjuk rasa ini buntut adanya pekerja atau karyawan   PT BCP yang dimutasi dan diturunkan jabatan oleh pihak manajemen perusahaan, hingga berujung  Pemutusan Hubungan Kerja. 

Menurut Ketua DPC  Sarbumusi Jember Umar Farouk , sebenarnya unjuk rasa ini dipicu oleh persoalan sederhana, ” Ada dua pekerja (karyawan PT BCP ), satu diturunkan jabatan dan dituntut mutasi, yang didukung SP1, SP2 dan SP 3 dan perusahaan mengeluarkan PHK,” kata Farouk. Senin (12/4/2021).

Sebelumnya, sempat ada perundingan dua kali, lantaran dua anggotanya itu menolak keputusan pihak manajemen.Masing-masing bernama Devi, Ia tidak berkehendak pindah keluar kota dan satunya Imam Taufik yang menolak mutasi jabatan.Taufik semula menjabat Supervisor turun jabatan menjadi Sales. 

“Dua-duanya melakukan penolakan secara resmi, dengan alasan yang cukup kuat. Akhirnya, tanggal 8 Maret kemarin perusahaan mengeluarkan PHK.Sekali lagi, perusahaan tidak pernah menerima apa yang terjadi pada para pekerja, untuk tetap bekerja di jember, ” terangnya. 

Dengan adanya unjuk rasa para buruh  guna menyampaikan aspirasi kepada perusahaan, Farouk berharap ada kesepakatan antara pihak Sarbumusi dalam hal ini dua pekerja PT BCP  dengan pihak perusahaan. 

Apabila tidak ada, sambung Farouk, maka anggotanya di basis tersebut akan mengadakan mogok kerja dari 14 April 2021 hingga waktu yang tidak ditentukan.”Kami berharap, ada itikad baik dari perusahaan. Apabila ini tidak digubris, maka pesangonnya dihitung sesuai ketentuan, ” tegas Farouk. 

Sementara, saat ditemui wartawan di salah satu ruangan gudang, Manager PT Borwita Citra Prima menyampaikan, pihaknya belum bisa mengambil keputusan apa-apa perihal permasalahan ini.

“Sebentar mas, saya akan koordinasi dengan pusat,” jelasnya. (Tahrir)

Rekomendasi

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.