Rancangan RPJMD Harus Sinkron Dengan Visi Misi Kepala Daerah

Butur- Pemerintah Daerah kabupaten Buton Utara (Butur), melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar konsultasi publik teknokratik Rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 di Aula Bappeda, Senin (18/01/21).

Pj Sekda Butur, Burhanuddin, mengatakan dalam perencanaan RPJMD tersebut harus matang untuk pembangunan daerah di 5 tahun kedepan.

“perencanaan yang baik lahir dari data yang benar, data yang ada harus disesuaikan dengan fakta dilapangan maupun kebutuhan masyarakat,” ungkapnya. 

Lebih lanjut, penyusunan rancangan RPJMD tersebut harus sinkron dengan visi misi kepala daerah.

“banyak kegagalan-kegagalan yang terjadi di setiap daerah karena tidak sinkronnya rancangan RPJMD dan visi misi kepala daerah” ujarnya

Ia menjelaskan, Konsultasi Publik Teknokratik RPJMD merupakan suatu langkah strategis yang dilakukan oleh Bappeda untuk membuat kerangka acuan rancangan RPJMD.

“Tujuannya agar memperoleh masukan rancangan pada rancangan teknokratik RPJMD, dimana melalui penyusunan rancangan awal RPJMD merupakan bagian penyempurnaan dari rancangan RPJMD yang telah disiapkan,” jelasnya. 

“Iya berharap, seluruh SKPD turut berkontribusi memberikan evaluasi kinerja daerah berdasarkan data-data sesuai dengan tanggung jawabnya,” pungkasnya.

(AG)

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.