Ragukan Kredibilitas KPU dan Bawaslu. JIMM Tuntut Pemilu Ulang

Loading...

Seluma – Maraknya dugaan praktik kecurangan berupa money politic oleh peserta pemilu dan penggelembungan suara oleh petugas penyelenggara pemilu serta lambannya proses tindak lanjut terhadap laporan. Membuat gerah masyarakat dan aktivis pemuda Seluma.

Sekitar seratus massa dari Jaringan Intelektual Manifesto Muda (JIMM)  menggelar aksi demo di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma, Selasa (14/5/2019).

Massa aksi meragukan kredibilitas KPU dan Bawaslu, Direktur JIMM menyebut ditangan Bawaslu dan KPU hajatan demokrasi di seluma gagal total. Fungsi pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu mandul, terbukti dengan maraknya praktik money politic.

Berikut tuntutan massa aksi :

  1. Bawaslu dan KPU segera membentuk Tim Investigasi Politic Uang
  2. Proses semua laporan masyarakat terkait penggelembungan suara
  3. Lakukan Pemungutan Suara Ulang di sejumlah desa yang terjadi kejanggalan dan dugaan praktik tak adil.
  4. Meminta Segera Diskualifikasi Calon Yang Sudah Terbukti Melakukan Money Politic
  5. Meminta Segera Tindak lanjuti secara hukum hukum seluruh laporan masyarakat

Lebih lanjut, Direktur JIMM, Heru Saputra akan melaporkan KPU dan Bawaslu Ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), sebab ada indikasi penyelenggara terlibat ini terbukti dengan tertangkapnya Tiga Orang PPK di Jakarta usai menggelembungkan suara caleg Gerindra.

“Kami akan menagih aktualisasi pembentukan tim investigasi dari penyelenggara,  dalam waktu dekat Kami akan melapor ke DKPP di Jakarta. Demi menjamin proses demokrasi yang bersih, JIMM Inginkan Pemilu ulang di Seluma.” Pungkas Heru.(red)

Loading...
Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.