Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Putri Malu Mempunyai Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Loading...

Putri malu yang memiliki nama latin Mimosa pudica ini ternyata memiliki sifat antibakteri, antidepresan, antivenom, afrodisiak, anti-asma. antikonvulsan, dan anti-kesuburan. Tumbuhan ini juga punya sifat emetik, tonik, dan obat penenang, serta kaya akan alkaloid, asam amino non-protein (mimosin), sterol, tanin, terpenoid, serta asam lemak.

Mengutip dari situs Wikipedia, tanaman putri malu pada umumnya mempunyai ciri khas, yakni memiliki kemampuan dalam melakukan gerak seismonasti (tigmonasti), yaitu jika daun tanaman putri malu disentuh maka daun akan mengatupkan anak-anak daunnya.

Gerakan menguncup tanaman putri malu itu disebut-sebut berfungsi untuk melindungi diri dari serangan hewan herbivora (pemakan tumbuhan) di sekitarnya.

Selain itu, ciri lain tanaman putri malu dikenal dari batangnya yang berwarna merah, dan jika sudah tua batangnya akan berubah warna menjadi warna hijau.

Dilansir dari Health Benefits Times, kata Mimosa berasal dari kata Yunani mimikos, yang berarti ‘meniru’ atau ‘palsu’, melalui kata Latin mimus dan suffix -osa, yang berarti ‘berlimpah’. Nama Pudica spesifik berasal dari kata Latin yang berarti ‘sederhana’ atau ‘malu-malu’.

Tumbuhan sensitif punya manfaat kesehatan yang bisa diandalkan. Cara mengolahnya bisa direndam di dalam air kemudian diminum. Atau bisa juga dibuat jus dan dibuat pasta dengan campuran bahan lainnya.

Berikut ini manfaat tanaman putri malu untuk kesehatan.

  1. Menyembuhkan Luka Penderita Diabetes

Tumbuhan putri malu bisa digunakan untuk menyembuhkan luka pada penderita diabetes berdasarkan dari penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang.

Dalam penelitian tersebut didapati jika dalam akar tanaman putri malu dalam bentuk ekstrak kloroform bisa digunakan untuk menyembuhkan luka yang dialami penderita diabetes.

Baca Juga: Terpopuler, Gadis Ini 6 Kali Menikmati Hubungan Intim Bersama Genduruwo Hingga Farhat Abbas, Krisna Murti dan Ilal Ferhad Justru Jadikan Regina Bahan Olok-olokan

  1. Menyembuhkan Batuk

Tanaman putri malu ini juga bisa dikonsumsi sebagai solusi batuk khususnya batuk yang disertai dengan dahak.

Untuk membuat ramuan menyembuhkan batuk, anda bisa merebus 10 hingga 15 gram daun putri malu dengan air secukupnya sampai mendidih dan setelah dingin bisa diminum.

Selain menyembuhkan batuk, tanaman ini juga ampuh digunakan untuk menyembuhkan masalah pernafasan lainnya seperti pilek serta penyakit pernapasan atas lainnya.

  1. Mengobati Luka

Dari sebuah penelitian juga membuktikan jika akar dari tanaman putri malu sangat baik digunakan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka lebih cepat. Hal ini dikarenakan dalam akar putri malu mengandung fenol yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit.

Bahkan dalam sebuah situs luar negeri juga dikatakan jika tanaman ini juga berguna untuk pertolongan pertama luka bakar.

  1. Mengobati Hepatitis

Manfaat berikutnya dari tanaman putri malu adalah bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati hepatitis.

Mengkonsumsi air rebusan putri malu ini bisa meredakan penyakit hepatitis sekaligus meminimalisir gejala peradangan pada organ hati yang terjadi karena serangan virus hepatitis tersebut.

  1. Menjaga Kesehatan Hati

Dari sebuah penelitian juga dibuktikan jika keracunan juga bisa diatasi dengan memanfaatkan tanaman putri malu sebab kandungan ekstrak putri malu ini bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga organ hati bisa terlindungi dari racun berbahaya.

  1. Mengatasi Insomnia

Untuk anda yang mengalami gangguan susah tidur atau lebih dikenal dengan istilah insomnia tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Kandungan dalam putri malu juga dikatakan bisa mengatasi masalah tidur tersebut dengan cara merebus 50 gram putri malu secukupnya dan diminum malam hari sebelum pergi tidur.

  1. Menghentikan Pendarahan dan Infeksi

Ekstrak bubuk tanaman putri malu juga berguna untuk kesehatan kulit karena kandungan senyawa tanin dan juga sumber antioksidan yang sangat penting untuk menghentikan pendarahan dan juga menurunkan risiko infeksi serta membantu dalam proses pembentukan jaringan kulit yang lebih sehat.

  1. Mengatasi Demam

Untuk anda yang menderita demam dan sakit kepala juga bisa memanfaatkan daun putri malu sebab memiliki khasiat untuk menurunkan demam dan mengurangi gejala yang ditimbulkan seperti sakit kepala, menggigil dan juga keringat dingin.

Kandungan dalam putri malu ini ampuh untuk mengontrol suhu tubuh agar bisa selalu normal sehingga demam dan panas bisa diturunkan dan terjadi kembali.

  1. Mengencerkan Dahak

Bagian daun tanaman putri malu ini juga ampuh digunakan untuk mengencerkan dahak di tenggorokan. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun ini, maka dahak akan lebih encer sehingga nantinya akan lebih mudah untuk dikeluarkan.

  1. Melancarkan Saluran Kemih

Air rebusan tanaman putri malu juga bisa anda manfaatkan sebagai pelancar saluran kemih sebab kandungan dalam daun ini memiliki sifat anti bakteri sehingga tubuh bisa terhindar dari serangan bakteri serta kuman.

  1. Menangkal Bisa Ular

Tidak hanya mengandung sifat anti bakteri, anti inflamasi serta manfaat antioksidan, namun tanaman ini juga memiliki sifat anti bisa sehingga bisa dimanfaatkan untuk menangkal racun dari ular berbisa seperti kobra.

Akar dari tanaman putri malu yang sudah dikeringkan dan direbus membuktikan jika ekstrak tersebut terbilang efektif untuk menghambat racun dari bisa ular tersebut namun sebaiknya tetap dilakukan oleh pakar agar dosis yang digunakan bisa tepat.

  1. Pencegahan Disentri

Dari sebuah penelitian di salah satu Universitas di Indonesia juga dibuktikan jika ekstrak tanaman putri malu memiliki kandungan anti bakteri yang bagus untuk menangkal pertumbuhan dan perkembangan bakteri yakni bakteri shigella dysentriae yakni bakteri penyebab disentri.

  1. Menyembuhkan Rematik

Tidak hanya ada banyak manfaat daun sukun untuk asam urat dan rematik, namun putri malu juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pada sendi tersebut.

Rematik adalah salah satu masalah peradangan yang terjadi di area persendian karena autoimun dalam tubuh yang rendah.

Dari hasil penelitian terbukti jika tanaman putri malu ampuh digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri yang terjadi pada penderita rematik.

Caranya adalah dengan merendam tanaman putri malu pada arak putih selama 2 minggu lalu gunakan tanaman putri malu yang sudah direndam tersebut untuk kompres bagian tubuh yang sakit.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Sejak jaman dulu, cabang dari tanaman ini sudah digunakan untuk membersihkan gigi sekaligus menghilangkan bau tidak sedap, mengurangi plak, mengatasi dingivitis, memutihkan gigi dan juga periodontitis.

Selain itu, dalam tanaman ini juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri periodontitis seperti Actinobacillus actinomycetemcomitans, Capnocytophaga spp dan juga Treponema denticola.

  1. Meningkatkan Stamina Untuk Pria

Tanaman putri malu bahkan berguna untuk meningkatkan stamina pria saat berhubungan seksual. Untuk mengonsumsi tanaman ini, anda bisa merebus 15 lembar daun putri malu bersama 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja kemudian saring dan minum hingga habis yang khasiatnya akan terasa 30 menit sesudah minum air rebusan daun ini. 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.