Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Puskesmas Buay Pemaca, Lakukan Rapid Test Bagi 90 PPDP

Loading...

OKU Selatan, Nusantara terkini.com- Dinas Kesehatan kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan melalui Puskesmas Buay Pemaca, menggelar rapid tes bagi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OKU Selatan 9 Desember 2020 mendatang. 

Pelaksanaan rapid test ini sendiri berlangsung di Puskesmas Buay Pemaca, dimulai dari hari Sabtu hingga hari ini Minggu (12-07-2020).

Diketahui, untuk Kecamatan Buay Pemaca sendiri terdapat 90 orang PPDP yang wajib melakukan pemeriksaan rapid test agar bisa melaksanakan tugas pemutakhiran data pemilih dengan kondisi kesehatan yang optimal .

Kepala Puskesmas Buay Pemaca, Linda Wati., SKM., mengatakan untuk pelaksanaan rapid tes ini pihaknya telah menyiapkan kurang lebih 12 petugas kesehatan, mulai dari petugas pendaftaran, petugas pemeriksaan tekanan darah, suhu, nadi dan pernapasan yang terdiri dari tenaga kesehatan baik dokter, analis, perawat, kesling dan tenaga administrasi.

Guna mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 pada pelaksanaan rapid test, pihak Puskesmas  memberlakukan protokol kesehatan dengan membagi dua hari pelaksanaan.

” Pada hari pertama diikuti oleh 50 orang PPDP dan pada hari kedua diikuti oleh 40 PPDP. Apabila pada pelaksanaan rapid tes ini ada hasil pemeriksaan yang reaktif maka akan diganti dengan personil yang baru, ” jelas Linda. Minggu (12-07-2020).

Pada saat pemutakhiran data, dan mencocokkan data pemilih dengan cara door to door ke 90 TPS masing-masing yang ada di Kecamatan Buay Pemaca, para PPDP memakai APD lengkap berupa masker, sarung tangan dan faceshields yang telah disiapkan oleh panitia Pilkada Kabupaten OKU Selatan.

“Dengan diterapkannya protokol kesehatan yang baik dalam setiap tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan pada Desember 2020 nantinya, mudah-mudahan bisa terlaksana dengan lancar tanpa adanya penambahan penularan dan penyebaran Covid 19, ” tuturnya (Suardi)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.