Puluhan Tahun, Jalan Dusun Napal Kuning Tidak Tersentuh Pembangunan

Loading...

Batang Cenaku – Kondisi jalan di Kabupaten Indragiri Hulu, yang menghubungkan Jalan Lintas Selatan berada di dusun Napal Kuning, rusak parah, setelah berpuluh-puluh tahun tidak mendapat perhatian pemerintah.

Iwan, salah watu warga di dusun Napal Kuning, Desa Anak Talang, mengatakan kepada Nusantara terkini.co Selasa (21/01/2020), hal ini membuat warga kesulitan untuk aktivitas.

Ia menuturkan, pembangunan jalan dusun Napal Kuning, belum tersentuh pemerintah kabupaten Inhu. Bahkan jalan ini masih menjadi bagian Kabupaten Inhu.

“Namun perubahan kondisi jalan tak kunjung terlihat diperbaiki, setelah juga dua priode kades terpilih di mana kami masuk wilayah Kabupaten Inhu. Sakitnya lagi dusun ini masih gelap gulita,tak satu pun warga menimati arus listrik,” kata Iwan.

Akses aktif kendaraan melalui jalur ini dimulai tahun 2007, setelah sebelumnya tidak terlalu banyak kendaran yang memilih lewat jalur ini. Mengingat jalur alternatif melalui Dusun sungai santan, Kabupaten Inhu justru lebih jauh.

Roy Panggabean, warga sungai kandis, selain kondisi jalan yang rusak parah, ditambah lagi dusun ini gelap gulita.

“Pengusaha jasa kendaraan umumnya maupun pribadi tidak berani mengoperasikan kendaraannya melalui jalur ini,” jelasnya.

Kondisi ini membuat warga akhirnya lebih memilih diam seolah terpenjara, gitu juga untuk menjual hasil pertanian dan membeli barang kebutuhan, mengingat mereka menghabiskan waktu di jalan yang tidak layak dilalui.

“Lama perjalanan dari Rengat menuju desa Anak Talang kurang lebih 7 jam pada musim kering, kalau musim hujan bisa mencapai sehari an 24 jam perjalanan,” katanya.

Diapun menjelaskan, jangan kan perbaikan dilakukan oleh pemerintah daerah Inhu, untuk melihat keadaan dusun ini saja tidak pernah. Perbaikan jalan sampai saat ini tidak pernah tersentuh pemerintah, baik pemerintahan desa maupun kabupaten. (Holmes Pane)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.