Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Puluhan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim Banyumas Ikut Ngecor Jalan

Loading...

Banyumas – Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0701 Banyumas, mulai terjun ke lokasi pengecoran jalan TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, di hari ke-15, di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Selasa (14/7/2020).

Tampak mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan langsir adukan cor jalan, dengan metode terapan talang seng.

Baskoro (16), salah satu anggota SWK Kodim Banyumas, mengakui bahwa capaian jalan beton sepanjang 1.143 meter dari panjang total 1,8 kilometer dengan lebar 3,75 meter, adalah perjuangan yang berat.

Menurutnya, lokasi pembangunan jalan pertanian dan jalan menuju Lokawisata Curug Nangga itu medannya sangat ekstrim karena ada setidaknya 3 turunan/tanjakan terjal di perbukitan Munggang.

“Kami heran saja, Satgas TMMD membangun jalan sepanjang itu, di medan seperti itu dalam waktu hanya satu bulan. Salut untuk TNI dan masyarakat setempat yang saya lihat sendiri sangat antusias membantu membangun fasilitas mereka,” ucap Baskoro.

Sementara itu, Serda Taufik, pembina SWK Kodim Banyumas menjelaskan, perkuatan anak didiknya itu berasal dari 7 sekolahan SLTA sederajat, yang meliputi SMAN 3 Purwokerto, SMK Bina Teknologi Purwokerto, SMK Wiworotomo Purwokerto, MAN 2 Banyumas, SMAN 4 Purwokerto, SMAN 1 Patikraja, dan SMA Al Irsyad Purwokerto.

Terpisah, Kepala Sekolah SMAN 3 Purwokerto, Joko Budi Santoso, S.Pd, menyatakan apresiasi dan motivasi kepada anak didiknya yang dilibatkan di TMMD Reguler Banyumas.

Menurutnya, peran TNI dalam upaya membantu Pemda memeratakan pembangunan infrastruktur di pedesaan, patut didukung.

“Walaupun di tengah pandemi covid-19, TNI tetap melakukan karya nyata untuk membantu Pemkab Banyumas mendongkrak perekonomian masyarakat melalui pembangunan infrastruktur,” ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk kegiatan non fisiknya yaitu penyuluhan dan sosialisasi, jelas sangat bermanfaat untuk meningkatkan SDM masyarakat sehingga kedepan akan berguna untuk mengolah SDA yang dimiliki desa, yaitu sejumlah obyek wisata potensial.

“Di TMMD Reguler Banyumas itu juga banyak bantuan-bantuan dari Pemerintah maupun pihak lainnya, yang pastinya akan mempercepat pemulihan krisis ekonomi di masa pandemi ini,” pungkasnya. (Ags/Aan)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.