Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Puluhan Koperasi Di Sekadau Terancam Ditutup

Loading...

Sekadau – Sebanyak 42 koperasi di Sekadau berpotensi ditutup  , hal ini jadi pekerjaan rumah bagi pemkab melalui DInas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi UMKM .Adanya koperasi tidak aktif menambah deret persoalan dan upaya penyelamatan oleh pemerintah perlu keseriusan.

Kepala Dinas Perindagkop Sekadau St.Emanuel mengatakan berbagai permasalahan  Koperasi , hingga terancam tutup. “Koperasi yang tidak aktif sudah tiga kali berturut – turut tidak melakukan Rapat Anggota Tahunan dan usaha juga tidak berjalan ” katanya pada Senin (13/7/2020) di Sekadau.

Jumlah koperasi berdasarkan data dari Dinas Perindagkop diterangkannya sebanyak 156 , aktif operasi 114 , dan tidak aktif 42. Dengan rincian : CU / KSP = 5. Koperasi lain = 83 . Koperasi perusahaan = 68. Upaya untuk menyelamatkan koperasi tidak aktif telah dilaksanakan pendataan dan pembinaan  .” Kalau sudah tidak memungkinkan diusulkan untuk dibubarkan ” terangnya.

Menurutnya .Upaya membangun koperasi dengan berbasis UMKM tengah digiatkan lewat pelatihan dan sosialisasi dengan harapan keberlanjutan koperasi di Sekadau bisa berkesinambungan , karena berdampak juga pada pada perekonomian masyarakat menengah ke bawah.

Dalam memasuki usia Koperasi ke – 73 , disampaikan agar masyarakat tetap ber koperasi karena bidang usaha ini telah menopang perekonomian .(jr)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.