Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Publikasi TMMD Reguler Banyumas Juga Angkat OW Watu Kumpul

Loading...

Banyumas – Objek Wisata Watu Kumpul atau batu berkumpul adalah wisata keindahan alam dari puncak bukit di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Tak aneh jika Watukumpul sering dijadikan lokasi camping oleh para traveling alam yang menyukai keindahan alam yang menenangkan jiwa.

Begitu juga dengan para pecinta offroader yang sering menjadikan areal hutan Perhutani Banyumas Barat ini melampiaskan hobi mereka karena sebagian besar wilayah Petahunan adalah daerah perbukitan.

Tampak Kepala Penerangan Kodim 0701 Banyumas, Letda Armed Sukirno, Babinsa Petahunan Koramil 15 Pekuncen Serka Eko, dan Serma Aan Setyawan anggota Penerangan Kodim 0713 Brebes, mengabadikan momen selepas meninjau lokasi pembangunan infrastruktur jalan beton sepanjang 1,8 kilometer lebar 3,75 meter menuju Objek Wisata Curug Nangga melalui TMMD Reguler 108 Banyumas, di desa tetangga Cibangkong yaitu Desa Patahunan. Jumat (19/6/2020).

Disampaikan Kuswadi (68), kuncen atau juru kunci Watukumpul, bahwa Watukumpul hanya berjarak 4 menit saja dari Kantor Balai Desa Petahunan. Akses dapat ditempuh melalui jalur darat dari Jalan Nasional Ajibarang-Tegal melewati Desa Semedo, Kecamatan Pekuncen.

Tiket masuk sangat murah, wisatawan hanya cukup membayar Rp. 5 ribu untuk 1 unit motor dan Rp. 10 ribu untuk 1 unit mobil.

“Masyarakat disini masih memegang adat, Watu Kumpul merupakan salah satu tempat mistis, sehingga jika ada pengunjung yang akan menggelar hiburan musik seperti karaoke, sebaiknya ijin dulu sama Pokdarwis ataupun juru kunci agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” bebernya.

Sebagian wilayah OW Watukumpul juga adan di Desa Cibangkong. Cibangkong sendiri juga mempunyai tempat wisata air seperti yaitu Curug Miawak yang terletak di dekat perbukitan Perhutani dekat Desa semedo.

Sementara menurut Letda Sukirno, dengan publikasi diharapkan sejumlah Objek Wisata di Desa Petahunan dan Cibangkong, dapat lebih dikenal publik untuk menarik wisatawan luar daerah sehingga kedepan berdampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat dari sektor wisata.

“Jika dikenal umum melalui publikasi TMMD Reguler 108 Kodim Banyumas, maka masyarakat yang menjual apa saja di jalan menuju objek wisata akan laku,” ucap Sukirno.

Ditambahkannya, untuk saat ini Watukumpul belum dibuka untuk umum terkait pandemi virus corona. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.